4 Efek Samping Buruk Sering Menggunakan Handphone

Written by

Manusia adalah makhluk sosial, maka semenjak ditemukan handphone maka hubungan antar sesama menjadi jauh lebih mudah. Belum lagi ketika era digital datang, banyak aplikasi socmed tercipta, sehingga kebutuhan akan smartphone menjadi begitu penting. Sekarang bisa dihitung dengan jari orang yang tidak sibuk dengan ponselnya dimanapun tempatnya, sekolah, stasiun, kafe, rumah, dsb. Sayangnya disisi lain ternyata ada dampak buruknya penggunaan ponsel bagi kesehatan yang sudah didukung oleh penelitian, yang paling populer adalah radiasi elektromagnetiknya yang bisa mempengaruhi tubuh dalam berbagai cara. Tak hanya itu, masih ada banyak efek samping lainnya,,,,, baca terus untuk lebih jauh dalam mengetahuinya.Berikut Top Bahayanya sering menggunakan handphone bagi kesehatan tubuh manusia :

1. Dapat Meningkatkan Stres

Apabila  Anda berkebiasaan sering memeriksa ponsel misalnya setiap beberapa menit, maka itu bisa jadi faktor besar yang meningkatnya tingkat stres Anda. Juga, suara dering yang sering dapat menyebabkan stres.Studi  yang dipublish  BMC Public Health 2011 mencatat bahwa penggunaan ponsel terkait langsung ke tingkat stres. Hal ini juga bisa menyebabkan gangguan tidur dan gejala depresi.Penggunaan telepon seluler yang berlebihan bisa  menjadi faktor risiko kesehatan mental pada orang dewasa muda.

2. Menyebabkan Gangguan Pendengaran

Radiasi  elektromagnetik handphone dapat merusak jaringan halus yang berada di telinga bagian dalam. Dengan demikian, efek buruk ponsel lainnya adalah dapat menyebabkan gangguan pendengaran.Sebuah  studi baru yang dipublish Indian Journal of Otolaryngology dan Head & Neck Surgery 2014 menjelaskan bahwa penggunaan telepon seluler membuat kecenderungan seseorang kehilangan pendengaran di telinga yang paling sering digunakan mendengar ponsel.Jika   Anda merasakan gejala seperti telinga panas,  telinga tersumbat, dan telinga berdenging (tinnitus) karena penggunaan ponsel, maka Anda perlu untuk mencurigai ini sebagai tanda-tanda awal kelainan pendengaran.

3. Menyebabkan Bebragai Masalah Penglihatan

Mata  kita adalah oragn sensitif, yang juga sangat rentan terhadap efek dari gelombang radio frekwensi tinggi yang dipancarkan telepon seluler.Tak  hanya radiasi, pancaran sinar biru violet dari layar ponse juga memiliki potensi tinggi untuk risiko degenerasi makula yaitu penyebab utama kebutaan.Karena layarhandphone berukuran kecil, maka akan memaksa mata Anda tegang atau juling saat membaca pesan.Kecenderungan orang lebih mendekatkan mata dan tidak cukup berkedip akan membuat ketegangan pada mata.Studi yang dilakukan di Charotar Universitas Sains dan Teknologi 2010, para peneliti mempelajari dampak gelombang elektromagnetik pada mata manusia; hasilnya mereka menyimpulkan bahwa penggunaan handphone atau perangkat mobile berlebihan dapat menyebabkan katarak dini, selain dapat mempengaruhi retina, kornea dan sistem okular mata yang lainnya.Untuk  melindungi mata Anda dari efek buruk ponsel ini, Anda harus secara teratur menguji penglihatan Anda  dan mengambil mengistirahatkan mata secara teratur dari ponsel Anda.

4.  Memicu Sakit Punggung

Efek  buruk ini terutama bagi pengguna yang terbiasa menunduk ketika memeriksa atau melihat ponsel mereka. Hal ini benar-benar buruk bagi tulang belakang serta postur tubuh keseluruhan.Hal ini dapat menyebabkan penyakit sakit leher dan sakit punggung  mulai dari yang kronis, nyeri yang tajam, kejang otot punggung bagian atas yang parah.Penggunaan  jari yang konstan saat mengetik SMS atau Chatting dapat menyebabkan tendonitis atau peradangan yang bisa memicu kram dan nyeri di daerah tangan. Jika diabaikan, ini dapat berlanjut menyebabkan osteoarthritis.

Article Categories:
info

Comments are closed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com