5 Tips Penting Sebelum Meninggalkan Rumah Untuk Berlibur

Written by

Liburan akhir tahun tinggal menghitung hari lagi. Selain hari raya Natal, acara tahun baru juga identik dengan liburan. Tetapi sebelum Anda pergi berlibur, Anda perlu memastikan bahwa tidak ada barang yang ketinggalan. Tidak hanya itu saja, Anda juga sebaiknya memperhatikan beberapa hal yang nantinya akan Anda tinggal yaitu rumah dan segala isinya.Anda tentu ingin rumah baik – baik saja selama ditinggal dan saat pulang nanti Anda dapat beristirahat dengan nyaman di rumah sebelum kembali ke aktivitas sehari – hari. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa hal yang wajib Anda lakukan sebelum berangkat liburan.

1.Membersihkan Tempat Yang Rentan Berbau

Tempat sampah entah di kamar mandi, dapur, kamar tidur, dan ruangan lain harus bersih ketika ditinggal bepergian. Selain tempat sampah, mesin pembuat kopi, lemari pendingin, dan bak pencuci piring juga harus dibersihkan sebelum pergi, terutama jika Anda meninggalkan rumah dalam jangka waktu lama. Pasti Anda tidak ingin mencium aroma yang tidak sedap ketika pulang liburan nanti. Tidak hanya mengosongkannya tetapi juga perlu dibersihkan.

2.Memastikan Keamanan

Pastikan semua tempat sudah tertutup dan terkunci seperti pintu, jendela, dan garasi. Jangan lupa tutup semua tirai di rumah. Jika meninggalkan kendaraan di rumah, pastikan kendaraan tersebut dikunci dan berada di tempat yang aman. Pastikan juga tidak ada barang berharga yang terlihat dari luar. Sebaiknya Anda membuat sketsa singkat denah rumah dan barang – barang yang sebaiknya dikunci dan beri penanda di denah rumah Anda tadi.

3.Hemat Energi

Lepas semua peralatan elektronik dari colokkan seperti TV, microwave, mesin cuci, dll. Periksa sistem penghangat atau pendingin ruangan, termasuk penghangat air di kamar mandi. Pastikan semua sudah dimatikan sebelum Anda pergi. Pertimbangkan untuk mematikan aliran air selama rumah ditinggal berlibur. Selain itu, jangan lupa juga untuk memastikan semua peralatan memasak seperti kompor, pembuat kopi, dan oven dalam keadaan mati.

4.Komunikasi Dengan Tetangga

Bila ada tetangga di dekat rumah yang tidak pergi liburan, maka Anda dapat meminta bantuan mereka untuk ikut membantu memperhatikan rumah Anda. Berikan nomor handphone dan nomor alternatif pada tetangga tersebut bila ada hal – hal yang berbahaya terjadi di rumah Anda.

5.Menyiram Tanaman

Jika di rumah Anda memiliki taman dan tanaman hias di rumah, pastikan tanaman Anda mendapatkan cukup air selama ditinggal pergi sehingga tanaman tersebut tidak akan layu atau bahkan mati. Jadi sebelum pergi, Anda perlu menyiramnya terlebih dulu dan memastikan tanaman tersebut memperoleh sinar matahari yang cukup.Demikian beberapa hal penting yang perlu dilakukan sebelum Anda pergi berlibur. Jika rumah aman dan bersih, tentu Anda juga dapat menikmati liburan dengan tenang.

Article Categories:
info

Comments are closed.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com