Bengkak Dibawah Mata-Penyebab Dan Pengobatan

Written by

Daerah disekitar mata berisi jaringan lunak yang berguna untuk  melindungi dan mendukung kedudukan bola mata dalam tempatnya. Terkadang daerah di bawah mata membesar dan muncul seperti kantong di bawah mata. Hal ini bisa menjadi gejala dari beberapa penyakit yang perlu ditangani secara medis. Namun, seringkali bedah kosmetik dan berbagai prosedur lain dilakukan untuk mengatasi serta untuk meningkatkan penampilan keseluruhan mata. Apakah mata bengkak? Mata bengkak mengacu kepada pembesaran daerah di sekitar mata, terutama di bawah mata. Kondisi ini biasanya terjadi karena  akibat sejumlah alasan tertentu, tetapi seiring bertambahnya usia kulit di bawah mata mungkin akan mulai melorot sehingga terlihat seperti membengkak.Penyebab bengkak pada mata:

1.Faktor gaya hidup

Ada sejumlah faktor gaya hidup yang dapat berkontribusi bengkak pada mata, termasuk kurang tidur, dehidrasi, asupan garam yang berlebihan dan terlalu sering menggunakan mata.  Mata bengkak juga bisa dilihat sebagai akibat dari konsumsi alk0hol dan mer0k0k yang berlebihan dalam jangka panjang. Menangis dalam jangka waktu lebih lama juga dapat menyebabkan mata bengkak.

2.Cedera

Cedera merupakan salah satu penyebab mata bengkak yang umum. Berbagai jenis cedera mungkin dapat timbul sebagai akibat dari pukulan ke wajah khususnya daerah mata, cedera bola mata karena lensa kontak, bahan kimia seperti klorin dalam kolam renang, deterjen, dan menggosok mata berlebihan juga dapat menyebabkan cedera. Hal ini menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada jaringan yang terkena.

3.Alergi

Mata biasanya juga dapat terkena reaksi alergi, walaupun alergi yang  tidak mengenai langsung ke mata dan jaringan sekitarnya. Rhinitis adalah alergi yang mempengaruhi hidung, dan menyebabkan hidung meler, bersin dan tersumbat. Seringkali juga terjadi pada mata (konjungtivitis) dan biasanya ada pembengkakan di sekitar mata.

4.Infeksi

Infeksi tertentu juga dapat mempengaruhi mata dan menyebar ke jaringan di sekitar mata. Konjungtivitis adalah suatu kondisi umum yang terjadi dilapisan luar mata. Hal ini pada kebanyakan kasus adalah karena virus. Kondisi ini juga bisa mengenai kelopak mata (blepharitis). Selulitis orbita adalah jenis infeksi yang biasanya akibat bakteri, yang mempengaruhi jaringan di sekitar mata. Infeksi adalah jenis yang sangat serius yang memerlukan bantuan medis segera.

5.Penyakit kulit

Berbagai penyakit kulit mungkin mempengaruhi kulit di sekitar mata. Kondisi peradangan pada kulit lebih mungkin menyebabkan pembengkakan pada mata. Dermatitis adalah salah satu kondisi akut yang dapat menyebabkan pembengkakan apabila terjadi iritasi kulit atau alergi.Penyakit kulit lainnya bisa karena terbakar sinar matahari, alergi, penyakit autoimun dan infeksi.

6.Pengobatan

Jika mata bengkak disebabkan oleh penyakit tertentu, maka penyakit tersebut yang harus diobati. Hal ini mungkin akan menggunakan obat-obatan hingga pembedahan. Bedah kosmetik bisa dilakukan jika kantong di bawah mata dan kelopak mata bukan didasari suatu penyakit. Penggunaan obat dalam bentuk krim/salep mungkin bisa dilakukan, namun tetap harus seijin dokter yang memeriksa.

Article Categories:
info

Comments are closed.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com