Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis Pada Wanita

Written by

Cara Mencegah Penyakit Osteoporosis Pada Wanita, Pada umumnya kasus osteoporosis sebagian besar dialami oleh wanita, dan biasanya osteoporosis akan semakin terlihat pada usia manula. Masalah osteoporosis seringkali menjadi perbincangan di kalangan sebagian besar orang, namun daripada hanya memperbincangkannya saja, alangkah lebih baik untuk memulai mencari tahu tentang bagaimana cara mencegah osteoporosis atau mengobati osteoporsis ini sebelum menjadi lebih parah.Osteoporosis merupakan salahsatu penyakit yang menyerang tulang, osteoporosis memiliki ciri-ciri yang spesifik, yakni rendahnya masa tulang sehingga jaringan tulang mengalami penurunkan kualitas yang pada akhirnya akan mengakibatkan tulang menjadi rapuh.Dibawah  ini beberapa poin yang diuraikan seputar cara mencegah osteoporosis pada wanita:

1. Kontrol Berat Badan

Osteoporosis sangat berkaitan erat dengan obesitas, maka dari itu Anda harus selalu memastikan berat badan agar selalu terjaga agar tidak terkena obesitas, jika terjadi obesitas maka tulang akan terlalu besar mendapat tekanan.

2. Mengkonsumsi Kalsium

Salah satu penyebab seseorang terkena osteoporosis adalah kurangnya kalsium. Wanita biasanya akan dengan mudah kehilangan kalsium dari tubuh mereka, sehingga wanita harus mempunyai tingkat asupan kalsium yang lebih tinggi dari jenis-jenis makanan seperti wijen, bayam, brokoli dan makanan lainnya yang mengandung kalsium.

3.Jangan Abaikan Nyeri Pada Tubuh

Pemicu osteoporosis selanjutnya adalah jenis nyeri yang mungkin Anda rasakan secara terus-menerus, pada umumnya nyeri sendi sehingga bisa menjadi pemicu munculnya masalah pada tulang atau osteoporosis. Maka dari itu, jika ada indikasi tersebut sebaiknya Anda langusng mengecek keadaan tulang Anda pada dokter.

4.Jangan Lakukan Diet Ketat

Cara menurunkan berat badan dengan cepat merupakan hal yang tidak dianjurkan, karena tubuh mungkin akan merasa tersiksa. Anda tidak dianjurkan untuk melakukan diet ketat karena dengan melakukan diet seperti ini, nutrisi dalam tubuh misalnya kalsium akan kekurangan.

5. Olahraga Secara Teratur

Agar tulang tetap sehat dan tetap fleksibel maka berolahraga dengan teratur merupakan salahsatu cara menjaga tubuh agar tidak terkena osteoporosis. Biasanya benda yang tidak digunakan atau diasah dengan rutin akan menyebabkan tumpul dan berkarat, begitupun dengan keadaan tulang pada tubuh Anda.

6. Setelah Menopause Konsumsi Suplemen Berkalsium

Pada saat setelah Anda mengalami menopause, kadar hormon estrogen dalam tubuh yang berfungsi sebagai pelindung tulang akan susut atau sebagian besarnya akan berkurang. Maka dari itu Anda bisa mengkonsumsi suplemen yang berkalsium pada saat setelah Anda berhenti menstruasi.

Article Categories:
info

Comments are closed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com