Dampak Negatif Terhadap Pencemaran Plastik

Written by

Perkembangan olah plastik di bidang industri membuat pasokan kantong plastik dan botol – botol yang terbuat dari plastik di produksi setiap tahun mencapai angka 100 juta ton plastik diseluruh belahan dunia.dan namun dengan demikmian meningkatnya pencemaran plastik juga membawa dampak negatif bagi lingkungan diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Pencemaran Yang Merusak Lingkungan 

Dampak negatif yang terjadi dari lingkungan adalah pencemaran yang merusak lingkungan seperti sampah yang berserakan dimana – mana. Ini tentu dapat menjadi masalah kesehatan karena sampah plastik itu akan menjadi sarang penyakit seperti sarang nyamuk untuk berkembang biak. Penyakit yang berhubungan dengan nyamuk adalah demam berdarah dan malaria.

2. Terjadinya Banjir 

Jika banyaknya jumlah plastik tidak seimbang dengan tempat penampungannya maka bisa saja terjadi pembuangan sampah plastik dan botol – botol berserakan seperti disungai dan juga lautan. Dan yang meperburuk keadaan saat musim hujan yang datang. Sungai yang telah di penuhi sampah plastik dapat menyebabkan banjir yang akan mengenangi kawasan sekitar pemukiman warga. Karena itu perlu diperhatikan dan kesadaran bagi diri sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya.

3.Kerusakan Dilaut

Kerusakan di laut yang paling fatal adalah matinya ikan – ikan yang bertempat tinggal di laut karena tercemar dengan sampah plastik yang  di buang ke laut. Mulanya memang di buang di tepi – tepi pantai. Namun  lama kelamaan sampah plastik itu bisa saja terbawa arus ke tengah lautan dan jika dalam jangka lama bisa menjadi lautan yang penuh dengan sampah karena tidak dapat di tangani dengan baik oleh daerah setempat.

4. Air Tanah Bisa Saja Tercemar 

Air – air yang digunakan sebagai salah satu minuman untuk kita dalam kehidupan sehari – hari adalah air tanah yang terdapat di tanah. Air tanah bisa saja tercemar karena bahan plastik yang terkena air menghasilkan senyawa kimia yang berbahaya untuk keshatan dalam jangka panjang. Jika air tersebut meresap ke tanah dapat memepengaruhi air tanah menjadi tercemar.

5. Atmosfer

Atmosfer bisa saja terjadi kontaminasi akibat pembakaran dari sampah plastik yang mebludak. Sebagaimana  sama – sama yang kita ketahui bahwa plastik memiliki kandungan zat yang dapat menimbulkan kebakaran yang bahaya   bagi orang-orang disekitarnya.Jadi itulah dampak yang timbul dari pencemaran lingkungan dalam kehidupan sehari hari. Pencemaran plastik yang tidak terkendali merusak semua ekosistem seperti udara, lautan, sungai hingga tanah.

Article Categories:
info

Comments are closed.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com