Genjot Efisiensi Perusahaan Melalui Implementasi Teknologi Digital

Written by

Saat ini Implementasi Teknologi Digital telah mencapai tahap perkembangan yang sangat fantastis bagi seluruh perusahaan besar di dunia. Mengapa kami mengatakan demikian? Karena hal tersebut telah terbukti menggenjot efisiensi perusahaan melalui perkembangan Teknologi Komunikasi Digital.

Contohnya saja seperti alat pemindai sidik jari yang bakal dirilis Apple, melalui informasi yang kami kutip dari Liputan6.com

“Pihak Apple dilaporkan telah mendapatkan hak paten untuk merilis teknologi baru. Kali ini, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu akan merilis teknologi yang memungkinkan keseluruhan layar iPhone dapat menjadi pemindai sidik jari. Namun, belum dapat dipastikan kapan Apple akan mulai menerapkan teknologi ini pada iPhone. Meskipun, belum dapat dipastikan tanggal perilisannya, namun, solusi pemindai sidik jari bernama Display Fingerprints Solution atau DFS, dikabarkan telah menerima tanggapan optimis dari sejumlah perusahaan lain. Dan mulai tahun ini, teknologi tersebut siap dipasok untuk vendor smartphone.”

Nah, setelah anda mengetahui bahwa Apple akan merilis sistem pemindai sidik jari, untuk selanjutnya, mari kita lihat teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam bidang transportasi. Menurut informasi yang dilansir dari Metrotvnews.com,

Beberapa tahun terakhir ini, industri transportasi dan akomodasi konvensional mendapat pesaing baru yang memanfaatkan teknologi seperti Uber dan Airbnb. Jauh sebelum pemanfaatan teknologi dalam bidang transportasi tersebut, perusahaan-perusahaan gas dan minyak sebenarnya sudah sejak lama memanfaatkan teknologi, khususnya dalam mengumpulkan data.

Sayangnya, data yang terkumpul belum dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh perusahaan. Misalnya saja, data tersebut belum bisa diubah menjadi informasi yang dapat membuat perusahaan mengambil keputusan lebih cepat. Seiring penggunaan teknologi baru yang dilakukan oleh perusahaan, para eksekutif pun harus dapat membuat rencana strategis. Perencanaan itu meliputi strategi digital, perubahan model operasi, dan kemampuan para pekerjanya.

Tentunya, setiap perusahaan memiliki penerapan teknologi yang berbeda-beda. Namun, menurut Forbes, pada dasarnya ada lima elemen yang harus diperhatikan perusahaan saat ingin Genjot Efisiensi Perusahaan Melalui Implementasi Teknologi Digital.

Berikut lima hal yang perlu diketahui setiap perusahaan, jika ingin menggenjot efisiensi melalui implementasi teknologi digital:

1. Divisi keuangan

Setiap bagian dari perusahaan memiliki peran masing-masing. Namun, ada divisi yang memiliki pengaruh paling besar terhadap keuangan perusahaan. Bagian ini yang perlu Anda integrasikan dengan teknologi. Dengan begitu, performanya dapat meningkat dan pada akhirnya, akan meningkatkan penghasilan perusahaan.

2. Memonitor tren teknologi

Setiap perusahaan punya kebijakan berbeda terkait risiko yang mungkin terjadi. Untuk memilih teknologi yang sesuai dengan kebijakan perusahaan, sebaiknya Anda memonitor teknologi yang sedang menjadi tren. Kemudian, putuskan apakah perusahaan Anda ingin menjadi pemimpin dengan menciptakan inovasi baru atau mengurangi risiko kegagalan dengan menggunakan teknologi yang telah terverifikasi.

3. Interpretasi peran teknologi dalam menggenjot efektivitas perusahaan

Ada hubungan antara penggunaan teknologi digital dengan kemampuan perusahaan dalam mengambil keputusan penting. Anda harus menginterpretasi hubungan antara keduanya. Disamping itu, anda juga perlu mengerti bagaimana penggunaan teknologi dapat membuat perusahaan cepat mengambil keputusan, yang berarti perusahaan bisa lebih sigap dalam mengeksekusi planning ke depan.

4. Evaluasi hasil investasi untuk mendigitalisasi kegiatan

Menggunakan teknologi memang butuh biaya yang besar. Oleh karena itu, Anda perlu membuat budget untuk teknologi baru yang hendak digunakan perusahaan. Ini berarti, Anda pun harus menyeimbangkan antara pengeluaran yang dibutuhkan dan manfaat yang didapatkan dari penggunaan teknologi tertentu.

5. Perhatikan tingkat kemampuan karyawan

Menggunakan teknologi canggih tanpa pekerja yang handal akan menjadi sia-sia. Oleh karena itu, perhatikan kemampuan karyawan perusahaan Anda. Dan jika terbukti bahwa kemampuan teknis masih kurang, buat rencana untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Well, perkembangan teknologi memang telah memberikan prospek cerah bagi sebuah perusahaan. Namun jika sebuah perusahaan ingin menggenjot efisiensi melalui implementasi teknologi digital, alangkah baiknya teknologi digital tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal agar lebih memberikan hasil yang makin efektif. Nah, penulisan artikel ini ditujukan untuk memberikan manfaat positif bagi pembaca. Dan jika pembaca menemukan kata-kata yang salah dalam artikel ini, maka kami sebagai penulis berharap kepada seluruh pembaca untuk dapat memakluminya. Atas perhatian dan partisipasi dari para pembaca, maka kami ucapkan terima kasih.

Article Categories:
tekno

Comments are closed.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com