Kegunaan Tauge Dalam Sistem Tubuh Manusia

Written by

Tauge secara umum dikenal dari tunas biji tanaman kacang tertentu yang dikonsumsi. Hal ini adalah hasil dari proses perkecambahan, yang mana nutrisi yang biasa ditemukan dalam kacang-kacangan atau biji-bijian akan berubah ; pati akan berubah menjadi glukosa dan fruktosa, protein dari biji kacang dicerna oleh enzim tertentu dan berubah menjadi asam amino, sehingga lebih mudah dicerna manusia, meningkatkan kadar air, vitamin namun tidak untuk senyawa mineral. manfaat-kesehatan manfaat-tauge-bagi-kesehatan.Tauge sudah digunakan selama berabad-abad lamanya untuk mendapatkan manfaat gizi dan kesehatan darinya. Hal ini bisa dimakan dalam keadaan segar atau mentah, dimasak sebentar atau bahkan bisa dijus. Rasa bisa bervariasi tergantung dari jenis kecambah.manfaat-kesehatan.manfaat-tauge-bagi-kesehatan.ada beberapa manfaat dari tauge yaitu:

1.Membantu Mengatasi Anemia

Tauge  kacang hijau kaya akan zat besi, yang berperan utama dalam pembentukan hemoglobin, yaitu protein yang ditemukan dalam sel-sel darah merah. Hal ini juga sangat tinggi vitamin C, yang bermanfaat meningkatkan penyerapan zat besi oleh usus, sehingga membantu mencegah atau mengobati anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

2.Baik Untuk Kesehatan Jantung

Ketika  berhubungan dengan asupan rendah lemak jenuh (yang banyak ditemukan dalam daging, unggas dan produk susu), mengkonsumsi secara teratur tauge kacang hijau dapat membantu mengurangi kadar LDL(kolesterol buruk) karena mengandung serat dan lesitin. Efek ini tentu sangat bermanfaat bagi jantung dan pembuluh darah, karena membantu mencegah perkembangan aterosklerosis, penyebab yang paling umum dari penyakit kardiovaskular.

3.Menangkal Sembelit

Karena tinggi serat, kecambah kacang hijau bisa membantu meningkatkan motilitas usus dan mengurangi tanda-tanda sembelit.

4.Mengembalikan Rambut Dan Kuku Dari Kerapuhan

Kerapuhan rambut dan kuku seringkali merupakan hasil dari kekurangan nutrisi tertentu, terutama protein, vitamin, dan seng. Kecambah kacang hijau mengandung semua nutrisi ini dalam jumlah tinggi, dan sehingga sangat membantu dalam pencegahan dan pengobatan masalah rambut dan kuku.

5.Menyehatkan Hati

Tauge  kacang hijau merupakan sumber lesitin yang baik, yang bermanfaat selain menurunkan kadar kolesterol dalam darah, juga membantu mengurangi lemak hati, sehingga mencegah perlemakan hati, kondisi umum hati yang dapat mengakibatkan disfungsi hati.

Article Categories:
info

Comments are closed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com