Konsumsi Makanan Dan Minumaman Untuk Turunkan Kolesterol

Written by

1.Bubur Gandum Atau Oatmeal

Kenapa harus oatmeal? Karena oatmeal mengandung serat larut (solubke fiber) yang berfungsi dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).  Serat larut dipercaya mampu untuk menurunkan penyerapan kolesterol dalam pencernaan. Dengan mengkonsusmi serat larut 10 gram lebih dalam sehari mampu menurunkan kadara kolesterol jahat dalam darah. 1 ½ cangkir oatmeal matang yang anda makan, mengandung 6 gram serat dan jika menambahkan buah pisang sama dengan menambah 4 gram lebih serat. Serat larut terdapat juga dalam jenis makanan lain seperti apel, pir, kacang ginjal (kidney beans), buah prune dan buah barley.

2.Kismis

Kismis adalah buah anggur yang dikeringkan dan rasanya enak. Kismis ini lebih dikenal untuk dijadikan bahan hiasan yang ada didalam pembutaan makanan, kue atau pun roti. Menurut penelitian menyebutkan bahwa kismis mengandung beberapa komponen yang baik untuk tubuh. Sebagai contoh, kismis mengandung antioksida alami yang berperan dalam mencegah  serta melawan bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi. Kandungan antioksida juga mampu melindungi  sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang berfungsi untuk menghambat proses penuaan baik yang terjadi pada tubuh maupun otak.Mengkonsumsi secara rutin kismis, diperyaca mampu menurunkan laju oksidasi kolesterol jahat. Jika anda melakukan diet dengan 400 kalori kismis mampu menurunkan kadar LDL dalam tubuh sebanyak 8 persen. Karena serat pangan yang terdapat pada kismis ini mampu mengikat asam empedu dan membuangnya melalui proses buang air besar. Dengan begitu, asam empedu yang banyak terbuang secara otomatis kadar kolesterol  jahat juga akan terurai semakin banyak. Sehingga asam empedu yang baru akan terbentuk, serta kadar kolesterol didalam darahpun akan ikut menurun.

3.Olive Oil Atau Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang mengandung campuran antioksida potensial yang dapat menekan kadar kolesterol jahat dengan tidak mengganggu kadar kolesterol baik (HDL).Badan pengawas makanan AS (FDA), merekomendasikan. Untuk menjaga agar jantung tetap sehat sebaiknya konsumsi 2 sendok makan olive oil setiap hari atau setara dengan 23 gram. Anda dapat mencampurkan olive oil pada masakan sayuran, bumbu cair, sebagai pengoles daging untuk menggantikan mentega atau dapat juga mencapurkan dengan cuka sebagai pelengkap salad.Banyak riset yang menyarankan, untuk mengkonsumsi setiap hari extra-virgin olive oil atau minyak zaitun ekstra murni. Hal karena ini kandungan yang terdapat pada virgi olive oil ini, mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL). Kenapa harus ekstra virgian olive oil? Karena minyak ini tidak melalui proses pengolahan dan penambahan senyawa kimia lain, serta mengandung lebih banyak antioksidan yang bersifat menyehatkan. Hindari “light” olive oil karena jenis minyak ini sudah melalui banyak proses pengolahan, sehingga manfaatnya kurang optimal.

4.Kacang Kedalai

Konsumsi kacang kedalai secara langsung ataupun kacang yang sudah diolah seperti tahu, tempe, tepung kedelai dan susu kedelai mengandung zat isoflavon yang berperan baik dalam menekan LDL.Meskipun tempe atau tahu mampu menurunkan kadar kolesterol, namun jika diolah sembarangan dengan menggunakan minyak jelantah ataupun diberi santan tentu saja dapat merusak kandungan baik dan mengubahnya menjadi negatif. Karena sudah jelas minyak dan santan mengandung minyak jenuh.Sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan akan protein setiap hari sebanyak, 25 gram/hr dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Article Categories:
info

Comments are closed.

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com