Kumpulan Robot Yang Bikin Google Semakin Terpesona

Written by

Apakah anda mengenal Google? Siapa yang tidak mengenal sosok Google sebagai perusahaan search engine berperingkat terbaik sampai saat ini? Google bukan hanya sekadar menjadi perusahaan search engine yang tampil mempesona di mata dunia. Di luar itu, Google juga telah berhasil menggebrak dunia dengan memperkenalkan kumpulan teknologi robot yang dapat melampaui batas kemampuan manusia. Pengen tau apa saja teknologi robot yang diperkenalkan oleh Google? Simak cuplikan video berikut ini.

Cuplikan video yang telah anda tonton merupakan kumpulan robot yang telah dibeli oleh Google dari Boston Dynamics pada akhir 2013 yang lalu. Dan melalui informasi yang dilansir dari The Guardian, Google membeli sebanyak lima robot dari salah satu perusahaan robotika terbesar di dunia yaitu Boston Dynamics, yang telah memproduksi robot khusus untuk militer Amerika. Nah, apa saja robot pembelian Google yang telah menggebrakkan dunia tersebut? Penasaran, berikut Kumpulan Robot Yang Bikin Google Semakin Terpesona.

1. RHex

RHex adalah robot berkaki enam yang diproduksi oleh Boston Dynamic dengan inheren mobilitas tinggi. Robot ini diciptakan untuk berjalan di medan yang kuat, yang dapat dikontrol melalui input operator. RHex dapat berjalan di bebatuan, lumpur, pasir, rumput-rumputan, jalur kereta api, dan lereng pegunungan.
Disamping itu, RHex memiliki body yang tertutup, sehingga pada saat dioperasikan, maka komponen yang tertanam di dalam robot ini dapat terhindar dari lumpur dan rawa. Dan salah satu alasan Google membeli RHex yaitu robot ini dapat dikendalikan dari jarak jauh melalui kontrol unit operator pada jarak hingga 700 meter.

2. Atlas

Atlas adalah robot humanoid yang dirancang untuk beroperasi di medan kasar. Uniknya lagi, robot ini dapat berjalan dengan tungkai pada lingkungan yang sangat menantang. Disamping itu, Atlas juga dirancang cukup kuat untuk mendaki pegunungan dengan tangan dan kaki yang menjadi alasan kuat bagi Google untuk terpesona dengan kemampuan robot yang satu ini.
Disamping itu, artikulasi tangan juga akan memungkinkan Atlas menggunakan alat-alat yang dirancang untuk manusia.

3. Bigdog

BigDog adalah robot yang dapat berjalan, memanjat tebing dan membawa beban berat. BigDog ini didukung oleh mesin yang menggerakkan sistem hidrolik. BigDog memiliki empat kaki yang diartikulasikan seperti binatang, dengan unsur-unsur yang sesuai untuk menyerap dan mendaur ulang energi yang dibutuhkan untuk melangkah ke depan. Bahkan ukuran dari robot ini didesain sama persis seperti anjing besar atau keledai kecil yang memiliki panjang sampai 3 kaki, tinggi 2,5 kaki, serta berat 240 lbs.

Dan alasan Google semakin kagum terhadap kemampuan yang dimiliki BigDog yaitu robot ini mampu berjalan pada kecepatan 4 mph, memanjat lereng hingga 35 derajat, berjalan di puing-puing, mendaki jalur berlumpur, berjalan di salju dan air serta membawa beban seberat 340 lbs.

4. Petman

Petman adalah robot antropomorfisme yang dirancang untuk pengujian pakaian pelindung dari zat kimia. Robot ini mengutamakan pergerakan alami yang sangat penting untuk mensimulasikan bagaimana seorang prajurit sedang memakai pakaian pelindung di bawah kondisi yang realistis.
Hal yang membuat Google kagum dengan Petman yaitu, robot ini mampu menyeimbangkan dirinya dan bergerak secara bebas, berjalan, serta membungkuk.

5. Cheetah

Cheetah adalah robot berkaki tercepat di dunia, dan kecepatan tersebut dapat melebihi 29 mph, yang merupakan rekor kecepatan terbaik untuk robot berkaki. Robot ini mampu berjalan di treadmill berkecepatan tinggi dimana ia akan didukung oleh sebuah pompa hidrolik.

Nah, itulah kumpulan robot yang bikin Google semakin terpesona. Jika ada kata yang salah dalam artikel ini, maka kami sebagai penulis memohon kepada para pembaca untuk dapat memakluminya. Atas perhatian dan kunjungannya, kami ucapkan terima kasih. Enjoy your life.

Article Categories:
tekno

Comments are closed.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com