Makanan Yang Menyebabkan Asam Lambung Naik

Written by

Asam lambung adalah zat didalam lambung yang sebenarnya dibutuhkan untuk membantu mencerna makanan, tapi kalau jumlahnya berlebihan bisa menyebabkan masalah. Hal ini ditandai dengan gejala seperti rasa panas dalam perut dan kerongkongan, serta gejala lain seperti perut mulas, rasa pahit pada mulut, dan rasa seperti perut penuh. Tentu saja asam lambung naik dan sangat membuat tidak nyaman, bahkan bila terus berlanjut bisa menyebabkan kerusakan gigi bahkan komplikasi yang lebih berat seperti maag dan infeksi paru. Ada hubungan langsung antara makanan yang kita makan dan peningkatan asam lambung.Pada saat kita sering makan makanan yang sangat asam, maka tubuh kita akan mulai terbiasa. Namun pada akhirnya lambung tidak bisa memproses kelebihan asam ini, sehingga akhirnya naik sampai ke tenggorokan dan menyebabkan rasa panas. Pada kondisi yang parah asam bisa masuk kedalam saluran pernafasan dan dapat menyebabkan iritasi pada paru-paru yang meningkatkan resiko infeksi.Berikut beberapa Makanan yang sebaiknya dihindari jika Anda memiliki gejala asam lambung naik:

1.Makanan gorengan

Makanan gorengan yang mengandung tinggi lemak trans memperberat kerja pencernaan, dan lambat laun bisa mendatangkan bencana pada saluran pencernaan. Secara keseluruhan gorengan memberatkan dan memperlambat proses pencernaan, meninggalkan asam yang berlebih, dan yang akhirnya naik ke tenggorokan. Minyak goreng akan tinggal di dalam pencernaan untuk waktu yang cukup lama, dan dapat menciptakan peningkatan tekanan di lambung.

2.Kue baked

Kue seperti bronis dan kukis bersifat menciptakan lingkungan yang asam, terutama yang dipanggang dan banyak menggunakan pewarna dan pengawet buatan. Secara umum hindari segala bentuk gula halus putih dan tepung yang diperkaya, karena bahan-bahan ini menduduki peringkat tertinggi grafik makanan peningkat asam.

3.Kopi meningkatkan asam lambung

kopi dalam jumlah yang cukup bermanfaat bagi kesehatan. Namun kopi seringkali bersifat pencahar; tingginya kafein dalam kopi dapat menyebabkan peningkatan sekresi asam lambung yang dapat menyebabkan gejala tak nyaman ini.

4.Hindari minuman berkarbonasi

Minuman bersoda merupakan peningkat tekanan dalam lambung, yang pada akhirnya meningkatkan respon asam. Sebagai alternatif, cobalah minum air minum yang lebih murni dan tidak terlalu dingin. Hindari jus buah asam, seperti jus jeruk terutama sebelum tidur.

5.Hindari makanan panas dan pedas

Makanan pedas dan panas memang tidak mendorong peningkatan asam lambung. Namun makanan-makanan seperti ini bisa menyebabkan rasa mulas.

 

Article Categories:
info

Comments are closed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com