Makanan Yang Sudah Bisa Diberikan Untuk Bayi Umur 6,8,9,12 Bulan

Written by

Kita semua tentu tahu bahwa usia balita adalah usia penting bagi perkembangan bayi, organ, anggota tubuh, terutama otak. Untuk itulah tugas seorang ibu dipertaruhkan, ia harus mampu memenuhi kebutuhan makanan bergizi dan dengan takaran yang tepat untuk bayinya. Usia 6 bulan adalah usia yang tepat bagi ibu untuk memperkenalkan makanan pada kepada bayinya – dan pada usia ini, bayi memerlukan berbagai nutrisi dari makanan selain dari ASI seperti zat besi. Selain itu mmperkenalkan makanan padat pada saatnya juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan gigi si bayi.Ciri-ciri jika Bayi sudah siap mendapatkan makanan padat:

1.Bayi Usia 6 hingga 8 bulan

Bayi yang berusia 6 sampai 8 bulan sudah bisa diberikan makan   3 hingga 9 sendok makan bubur dengan 2 sampai 3 kali makan. Untuk menambah asupan nutrisinya, bisa disiapkan sayuran rebus untuk bubur sehat mereka. Beberapa bayi mungkin memiliki intoleransi terhadap makanan tertentu, jadi perlu di perhatikan apakah bayi Anda menderita alergi atau tidak.

2.Bayi Usia 8 hingga 10 bulan

Sejak usia 8 bulan, ibu sudah mulai bisa memberikan sedikit sereal gandum yang diperkaya. Bisa ditambahkan pula 1/8 sampai 1/4 cangkir makanan yang mengandung protein seperti bubur telur, bubur daging, bubur ikan, dan bubur kacang-kacangan. Pastikan bubur sudah dihaluskan dengan sangat lembut.

3.Bayi Usia 10 hingga 12 bulan

Bayi yang sudah berada di usia 10 bulan, boleh diberikan sedikit makanan yang diperkaya dengan zat besi. Protein dan sayuran sudah menjadi keharusan dalam periode usia 10-12 bulan

Perlu diingat sekali lagi, bayi sangat membutuhkan makanan yang sehat dan sarat gizi selama masa perkembangan. Jadi penting untuk memastikan bahwa Ibu sudah memberikan makanan padat dengan takaran yang tepat untuk bayi Anda.

Article Categories:
info

Comments are closed.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com