Manfaat Bunga Cempaka Mempunyai Jenis Dan Warna Bunga Yang Beragam

Written by

Bunga cempaka merupakan salah satu tanaman yang hidup di daerah tropis maupun sub tropis yang termasuk dalam genus tanaman berbungan dari suku Magnoliaceae. Bagi sebagian orang yang tinggal di perkotaan mungkin sudah sulit untuk melihat pohon bunga cempaka, karena bunga cempaka memiliki pohon yang relatif besar, bahkan ada jenis bunga cempaka yang memiliki tinggi hingga mencapai 30 meter tingginya. Kayu dari pohon cempaka ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan meubel atau untuk membuat perabot kayu dan lain sebagainya. Namun, dibandingkan dengan kayunya, bunga cempaka  lebih dikenal oleh masyarakat luas karena wanginya dan ragam bunganya.Selain jenis dan warna bunganya yang beragam, bunga cempaka juga memiliki manfaat yang beragam yang dapat kita manfaatkan khasiatnya. Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari bunga cempaka, antara lain :

1.Menghilangkan Bau Badan

Bunga cempaka dikenal sebagai jenis bunga yang memiliki aroma yang sangat wangi. Aroma wangi dalam bunga ini dapat dimanfaatkan untuk mengurangai bahkan menghilangkan bau badan yang tak sedap akibat banyaknya keringat dan bakteri yang menempel dalam tubuh. Hanya perlu merebus segenggam bunga cempaka, biasanya yang digunakan adalah bunga Cempaka Putih. Segenggam cempaka tersebut dapat direbus dalam satu liter air. Kemudian air rebusan bunga cempaka dapat diminum secukupnya, dan air sisanya dapat digunakan untuk mandi agar bau badan hilang seketika.

2.Menyembuhkan Perut Kembung

Bunga cempaka dapat dimanfaat untuk menyembuhkan perut kembung akibat banyaknya gas yang ada dalam lambung. Cukup dengan merebus bunga cempaka dengan campuran jahe, kapulaga dan  kulit jeruk keprok kering. Dengan meminum campuran rebusan beberapa ramuan tradisional tersebut, kulit kembung yang menyerang dapat segera diatasi.

3.Mengatasi Batuk Berdahak Dan Mengobati Perut Kembung 

Dengan ramuan tradisional bunga cempaka, selain untuk mengobati perut kembang, dapat digunakan juga untuk mengatasi batuk berdahak yang menyerang. Hanya perlu merebus bunga cempaka dan menambahkan jahe dan kulit jeruk yang sudah kering. Hanya saja, untuk mengobati batuk, ramuannya harus lebih kental, yakni perbandingan airnya lebih sedikit dibandiingkan untuk mengobati perut kembung. Penyakit infeksi lain seperti peradangan pada saluran pernafasan dapat disembuhkan juga dengan air rebusan bunga cempaka.

4.Mengobati Keputihan Pada Wanita

Keputihan yang sering dialami oleh wanita biasanya disebabkan karena infeksi viirus, jamur, bakteri dan parasit. Keputihan perlu dibati agar tubuh menjadi sehat dan tidak menimbulkan bau baan yang tak sedap. Keputihan dapat diobati dengan bunga cempaka, hanya dengan cara merebus bunga cempaka kering ditambahkan dengan kulit delima dan daun jali. Rebusan ramuan ini dapat di minum setelah dingin secara rutin. Selain itu, bunga cempaka dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit lain yang disebabkan oleh infeksi, jamur, bakteri dan virus seperti sinus,penyakit bronkitis. Namun mungkin ada perbedaan sedikit ramuan yang dicampurkan dengan bunga cempaka.

5.Mengobati vertigo

Penyakit vertigo merupakan penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat luas. Dengan efek seolah berputar dan hilangnya keseimbangan penderita, maka biasanya penderita vertigo hanya dapat bedrest hingga efek yang ditimbulkan oleh vertigonya hilang. Namun sebenarya, penyakit vertigo ini juga dapat dihilangkan dengan merebus sekitar tujuh kuntum cempaka kering dalam 500 ml air. Air rebusan ini harus diminum secara rutin sampai sembuh.

Article Categories:
info

Comments are closed.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com