Manfaat Hebat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan

Written by

Manfaat minyak kayu putih dan sifat-sifatnya yang umum termasuk anti inflamasi, antispasmodic, dekongestan, deodoran, antiseptik, antibakteri, stimulan, dan berkhasiat obat lainnya. Minyak atsiri Kayu putih tidak berwarna dan memiliki rasa dan bau yang khas. Manfaat minyak esensial ini telah menjadi perhatian diseluruh dunia, sehingga mendorong eksplorasi untuk penggunaannya sebagai aromaterapi serta pengobatan tradisional. Minyak atsiri tanaman kayu putih atau juga disebut Eucalyptus ini didapatkan dari ekstraksi pucuk daun yang masih hijau dan segar. Karena mengandung senyawa eucalyptol, minyak kayu putih banyak digunakan untuk berbagai macam obat termasuk obat gosok, inhaler, krim ruam, dan obat kumur.Inilah beberapa Manfaat minyak kayu putih untuk Kesehatan yang paling umum:

1.Membantu Menyembuhkan Luka Luar

Minyak esensial kayu putih memiliki sifat antiseptik, oleh karena itu bisa digunakan untuk membantu penyembuhan luka luar, bisul, luka bakar, dan lecet, juga merupakan salep yang efektif untuk meringankan efek gigitan atau sengatan serangga. Selain menenangkan, kayu putih juga melindungi luka yang terbuka atau daerah yang teriritasi dari infeksi mikroba dan paparan udara.

2.Meredakan Masalah Pernapasan

Minyak kayu putih efektif untuk mengobati sejumlah masalah pernapasan termasuk  batuk, pilek, sakit tenggorokan, asma, hidung tersumbat, bronchitis dan sinusitis. Minyak atsiri yang memiliki bau menyengat ini adalah antibakteri, antijamur, antimikroba, antivirus, anti inflamasi dan dekongestan alami, sehingga menjadi bahan untuk banyak obat-obatan yang bertujuan mengobati masalah pernapasan. Sebuah studi yang diterbitkan di majalah Laryngoscope pada tahun 2004 menunjukkan kegunaannya sebagai obat sinusitis non bakteri – pederita lebih cepat sembuh ketika diberi obat yang mengandung minyak kayu putih. Minyak kayu putih yang dicampur dengan air hangat efektif mengobati sakit tenggorokan.

3.Meredakan Kelelahan Mental

Minyak  kayu putih menciptakan efek pendinginan dan menyegarkan. Dengan demikian ia juga bermanfat sebagai stimulan, menghilangkan kelelahan dan kelesuan mental.Selain  kelelahan mental, minyak esensial kayu putih umumnya digunakan untuk merangsang aktivitas mental dan meningkatkan aliran darah ke otak. Minyak esensial adalah vasodilator, yaitu yang meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dengan cara merelaksasi pembuluh darah dan memungkinkan lebih banyak darah  yang  beredar.

4.Meredakan Nyeri Otot

Jika Anda mengalami nyeri sendi dan otot, memijatnya dengan minyak kayu putih pada permukaan kulit dapat membantu meringankan stres dan meredakan rasa sakit pada otot. Sifat Minyak kayu putih yang mudah menguap merupakan analgesik dan anti-inflamasi yang alami. Oleh karena itu hal ini  seringkali dianjurkan untuk pasien yang menderita rematik, sakit pinggang, ligamen dan tendon terkilir, otot kaku, pegal-pegal, fibrosis dan bahkan nyeri saraf. Minyak kayu putih harus sambil dipijatkan dengan gerakan memutar pada daerah yang sakit.

Article Categories:
info

Comments are closed.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com