Manfaat Luar Biasa Dari Daun Pandan

Written by

pandan berasal dari tanaman pandan wangi, anggota genus screwpine asli Asia Tenggara. Tanaman ini secara abadi memiliki cluster semak yang berbentuk kipas panjang, dengan daun yang sempit dan menghasilkan bau yang kuat saat layu. Daun pandan segar hanya memiliki aroma sedikit. Manfaat daun pandan ini secara historis telah banyak digunakan dalam dunia memasak, bahkan dalam keperluan rumah tangga. Pohon pandan juga memungkinkan untuk tumbuh dalam pot, untuk menghiasi pekarangan.

Berikut ini beberapa manfaat daun pandan secara umum

1. Bumbu

Daun tanaman pandan memiliki rasa manis, aroma ketika digunakan dalam memasak menghasilkan manis. Memasak daun pandan yang diikat menjadi simpul dan menempatkan dalam sup untuk memasak atau dipotong untuk digunakan dalam, puding, minuman dan makanan lainnya. Selain itu daun pandan sering digunakan bersama santan, serai, beras ketan dan gula. Ekstrak daun pandan yang tersedia di toko makanan khusus etnis di luar jangkauan daun aslinya. Ekstrak panda sering mengandung ekstra pewarna makanan hijau.

2. Membungkus Makanan

Beberapa budaya banyak yang menggunakan daun pandan untuk aroma dengan membungkus beberapa makanannya. Misalnya di India, orang-orang melemparkan daun ke sumur terbuka untuk mengharumkan air. Koki di Asia Tenggara membungkus daun pandan pada daging babi, ayam, ikan dan beras ketan untuk melindungi dan mengharumkan mereka saat memanggang atau mengukus makanan.

3. Pengusir Serangga

Sopir taksi di Malaysia dan Singapura menggantung tandan daun pandan di taksi mereka untuk mencegah infestasi kecoa. Daun pandan mengandung beberapa bahan kimia pembasmi, termasuk 2-asetil-1-Pirolina (2AP). Ekstrak daun ini telah terbukti kurang efektif daripada senyawa yang diambil dari beberapa tanaman lain, termasuk manfaat serai dan manfaat cengkeh, tetapi mereka mengusir spesies kecoa di Amerika dan Jerman.

4.Obat-Obatan Dan Kosmetik

Daun pandan menghasilkan efek diuretik bila dikonsumsi dalam jumlah besar. Daun pandan juga digunakan dalam mengobati beberapa kondisi kulit. Praktisi pengobatan tradisional menggunakan akar tanaman ini sebagai pengobatan anti diabetes. Aroma manis yang kuat membuatnya banyak diinginkan sebagai bahan dalam parfum atau kosmetik wangi lainnya.

Article Categories:
info

Comments are closed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com