Manfaat Makan Ikan Lele Untuk Kesehatan

Written by

Ikan lele merupakan ikan air tawar yang cukup populer di Indonesia dan mudah didapatkan dimana-mana. Ada dua jenis umum ikan lele, yaitu ikan lele budidaya dan ikan lele lokal untuk menyebut jenis lele yang hidup liar disungai. Ciri khas yang mudah dikenali dari jenis ikan ini adalah “kumisnya” yang mencuat dari sekitar mulutnya. Sebagian besar lele yang dijual dipasar adalah jenis budidaya yang dikenal dengan lele dumbo, yang awalnya dikirim dari Afrika. Lele dumbo umumnya memiliki warna lebih gelap daripada lele lokal, berukuran lebih besar, dan cepat dipanen. Berbicara mengenai manfaat kesehatan, ikan lele ternyata mengandung asam lemak esensial, asam amino, lebih rendah lemak, dan lebih rendah kalori daripada jenis ikan lainnya – yang secara keseluruhan bagus untuk kesehatan.Manfaat makan ikan lele untuk kesehatan tubuh kita:

1.Mengandung Protein Lengkap

Ikan  lele mengandung protein berkuaslitas tinggi, yaitu protein lengkap dengan 9 asam amino esensial. Salah satu asam amino ini adalah Lysine dan leusin, yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan totot, pertumbuhan dan perkembangan tulang pada anak-anak, membantu penyerapan kalsium, dan keseimbangan nitrogen dalam tubuh. Selain itu, lysine ini juga diperlukan tubuh untuk memproduksi antibodi, hormon, enzim, dan pembentukan kolagen.

2.Mengandung Omega 3

IKan lele, Nila, dan  Patin mengandung asam lemak omega 3 yang sehat untuk jantung. Mengkonsumsi jenis asam lemak ini diduga terkait dengan penurunan tekanan darah, mengurangi risiko jenis kanker tertentu, mengurangi kondisi peradangan seperti rheumatoid arthritis, dan mencegah penurunan kognitif.

3.Rendah Kalori Dan Lemak

Kalori  dan kandungan lemak ikan lele juga relatif rendah, dan hanya sedikit kandungan lemak jenuh. Mengkonsumsi lemak jenuh berlebihan setiap hari terkait dengan berbagai penyakit terkait pembuluh darah seperti darah tinggi, stroke, dan jantung,

4.Sumber Vitamin B 12

Hanya mengkonsumsi satu porsi ikan lele Anda sudah mendapatkan 40 persen vitamin B12 dari jumlah asupan harian yang sehat. Vitamin B sangat penting untuk membantu tubuh memecah makanan menjadi energi, dan tanpa asupan cukup vitamin B 12 dalam diet Anda, maka fungsi saraf Anda akan menurun dan Anda mungkin menjadi lesu.

Article Categories:
info

Comments are closed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com