Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan

Written by

Kebanyakan orang mengenal melinjo dari buahnya yang sering dijadikan emping. Dan memang emping melinjo ini sangat terkenal sekali. Bahkan sampai ke luar negeri. Namun saya pribadi mengenal melinjo bukan dari buahnya melainkan dari pucuk daunnya (daun muda). Dimana masyarakat sekitar sering mengolahnya menjadi masakan berupa tumis daun melinjo (biasanya disertai dengan bunganya yang berbentuk mirip ulat – kami menyebutnya Uceng). Selain itu, banyak juga yang membuatnya sebagai bahan makanan untuk membuat sayur asem bersama bahan lainnya seperti jagung manis, waluh  dan kacang panjang atau kacang merah.ada beberapa manfaat melinjo yaitu:

1. Mencegah Penyakit Jantung

Seperti yang dijelaskan di atas. Salah satu fungsi antioksidan adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Yang artinya berperan penting juga dalam pencegahan penyakit jantung. Namun tentunya harus diimbangi juga dengan gaya hidup positif yang dapat menjaga kesehatan jantung Seperti rutin berolahraga, hindari junk-food, lemak, dsb. Tidak disarankan mengkonsumsi emping melinjo karena melewati proses penggorengan.

2. Melancarkan Buang Air Besar

Daun melinjo memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan. Begitu juga dengan kulit buah dan bunganya yang sering disebut uceng. Mengkonsumsi serat dapat membantu melancarkan buang air besar.

3. Melancarkan Urine 

manfaat melinjo adalah dapat membantu melancarkan buang air kecil. Caranya dengan mengkonsumsi langsung buah melinjo atau dengan uap dari rebusan kulit buah melinjo. Hal ini bertentangan dengan fakta bahwa melinjo megandung kadar purin yang tinggi yang justru dapat menyebabkan asam urat dan pembentukan batu ginjal jika terlalu berlebihan mengkonsumsinya.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Seperti yang dijelaskan di awal bahwa tanaman melinjo ini secara evolusi dekat dengan tanaman Ginkgo Biloba yang terdapat di Jepang. Dimana khasiatnya sudah diakui dunia dalam meningkatkan konsentrasi, kecerdasan otak dan daya ingat. Dari kedekatan tersebut, Melinjo juga dipercaya memiliki khasiat yang sama.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat melinjo yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Seperti yang diketahui dai kandungan gizi melinjo, bahwa makanan ini mengandung vitamin A yan cukup kaya. Dimana kita tahu bahwa salah satu kegunaan vitamin A yang terbesar adalah menjaga fungsi mata.

Article Categories:
info

Comments are closed.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com