Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan?Inilah Yang Anda Ketahui

Written by

Bagi banyak orang, kopi merupakan bagian dari gaya hidup cukup penting. Bahkan banyak yang bilang kalau tidak minum kopi bisa menjadi lesu, kurang semangat, ngantuk , dsb. Tapi benarkah demikian? Apakah memang kopi bisa membuat hidup menjadi lebih ceria? atau apa benar kopi ada manfaatnya untuk kesehatan?.. Jawabannya bisa Anda peroleh seusai membaca artikel ini. Secangkir kopi dipagi bisa membuat kita bisa melakukan lebih banyak  dalam beraktifitas sehari-hari. Efek untuk kesehatan kopi sudah lama menjadi perdebatan, ada yang mendukung dan megatakan kopi mengandung aktivitas antioksidan dan meningkatkan kemampuan – dan yang kontra mengatakan kopi membuat susah tidur, gangguan pencernaan, meningkatkan denyut jantung hingga tekanan darah.Berikut adalah 5 alasan mengapa minum kopi bagus untuk Kesehatan:

1.Kopi membantu mencegah penurunan kognitif

Selain mendorong aktivitas otak dan memori sementara, minum kopi secara teratur dapat membantu mencegah penurunan kognitif yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer dan jenis-jenis demensia lain. Dalam sebuah studi di Finlandia para peneliti menemukan bahwa minum 3 hingga 5 cangkir kopi setiap hari pada usia paruh baya dikaitkan dengan 65% penurunan risiko Alzheimer dan demensia di kemudian hari. Menariknya, para penulis penelitian juga mengukur pengaruh minum teh pada penurunan kognitif, tetapi tidak menemukan keterkaitan ini.

2.Kopi menyehatkan jantung

Sebuah penelitian menemukan bahwa peminum kopi sedang ( mengkonsumsi antara 2 sampai 4 cangkir sehari) memiliki risiko 20 persen lebih rendah untuk penyakit jantung jika dibandingkan dengan peminum kopi berat dan bukan peminum.kok bisa? Ada beberapa bukti yang mengatakan bahwa kopi mendukung kesehatan jantung dengan cara melindungi terhadap kerusakan arteri yang disebabkan oleh peradangan.

3.Kopi bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2

Sebuah badan penelitian pertumbuhan tubuh menunjukkan hubungan antara minum kopi dan penurunan risiko diabetes. Sebuah studi ditahun 2009 menemukan bahwa risiko perkembangan diabetes  turun 7% untuk setiap cangkir kopi setiap hari. Studi epidemiologi sebelumnya melaporkan bahwa peminum kopi berat (secara teratur minum 4 cangkir atau lebih sehari) memiliki risiko diabetes 50 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan peminum kopi ringan atau bukan peminum kopi.

4.Bagus untuk menunjang kesehatan hati

Selain menurunkan risiko kanker hati, konsumsi kopi telah dikaitkan dengan kejadian yang  lebih rendah sirosis hati terutama sirosis  alkoholik. Sebuah studi dalam Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa  hubungan terbalik antara peningkatan konsumsi kopi dan penurunan risiko sirosis. Penurunan resiko 20% untuk setiap cangkir kopi yang dikonsumsi (hingga empat cangkir).Para ilmuwan menemukan hubungan terbalik antara minum kopi dan kadar enzim hati. Peningkatan kadar enzim hati biasanya mencerminkan adanya peradangan dan kerusakan hati. Semakin minum kopi, semakin rendah tingkat enzim hati.

5.Kopi dapat meningkatkan kinerja olahraga

Kafein adalah dehidran, sehingga banyak para ahli kebugaran yang merekomendasikan kopi sebelum dan sesudah latihan. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan kafein moderat sampai sekitar 500 mg, atau sekitar 5 cangkir per hari tidak menyebabkan dehidrasi yang mengganggu pada latihan senam. Selain itu, kopi juga membantu melawan kelelahan, sehingga memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih lama.

Article Categories:
info

Comments are closed.

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com