Manfaat Sayur Kale Bagi Kesehatan Tubuh Kita?Kita Harus Menjaga Tubuh Dengan Baik

Written by

Kale, adalah merupakan jenis sayuran yang dianggap paling baik dalam hal kandungan gizinya dari semua jenis sayuran sehat yang ada. Kale sarat akan berbagai macam senyawa bermanfaat, bahkan memiliki sifat obat yang sangat berkhasiat. tanaman  ini juga mencakup berbagai jenis sayur-sayuran lain seperti kembang kol, brokoli, tunas kubis, dan kailan. Semua jenis sayuran tersebut berasal dari nenek moyang yang tumbuh setengah liar, yang berasal dari daerah sekitar laut tengah. Kale banyak dibudidayakan diseluruh dunia, namun tak dapat tumbuh baik di iklim tropik seperti di Indonesia karena butuh hawa yang sejuk.Berikut manfaat penting sayur kale adalah sebagai berikut:

1. Kale Memiliki Kaya Vitamin K Tertinggi

Vitamin K merupakan nutrisi sangat penting yang memiliki peran utama untuk pembekuan darah, dengan cara “mengaktifkan” protein tertentu dan memberikan kemampuan untuk mengikat kalsium. Kale adalah salah satu sumber terbaik vitamin K, yaitu secangkir kale mentah menyediakan 7 kali dari jumlah asupan harian vitamin K yang disarankan.Bentuk vitamin K dalam kale adalah bentuk vitamin K1,  berbedadengan vitamin K2 yang ditemukan dalam makanan fermentasi kedelai dan produk hewani tertentu.hal ini membantu mencegah penyakit jantung dan osteoporosis.

2. Mengawasi  kanker

kanker  adalah penyakit yang sangat ditakutkan, yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali.Kale  sarat akan senyawa yang diyakini memiliki efek pencegahan dari penyakit kanker.Hal ini karena kale mengandung zat  termasuk sulforaphane, zat yang telah terbukti membantu melawan pembentukan kanker pada tingkat molekuler,  juga mengandung  sejenis zat yang diyakini membantu mencegah kanker.Penemuan telah menunjukkan bahwa sayuran (termasuk kale) secara signifikan dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker pada hewan, meskipun belum ada bukti pada manusia.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kale memiliki beberapa sifat yang bisa membantu penurunan berat badan. Hal ini karena kale sangat rendah kalori, namun masih dapat mengenyangkan secara signifikan.Sayuran ini rendah kalori, memiliki kadar air yang sangat  tinggi, serta memiliki kepadatan energi yang rendah. Makan banyak makanan dengan kepadatan energi yang rendah telah terbukti membantu menurunkan  berat badan dalam berbagai program.Meskipun belum ada penelitian yang secara langsung menguji efek kale yang menurunkan berat badan, tetapi masuk akal jika dijadikan tambahan untuk diet menurunkan berat badan.

4. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol sebenarnya memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh, salah satunya digunakan untuk membuat asam empedu yang merupakan zat yang membantu kita untuk dapat mencerna lemak.Hati mengubah kolesterol menjadi asam empedu, yang kemudian dilepaskan ke dalam sistem pencernaan setiap kali kita makan makanan yang berlemak.

Article Categories:
info

Comments are closed.

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com