Memahami Pedoman Menentukan Jumlah Kata Ideal Sebuah Artikel Beserta Alasannya

Written by

Memahami Pedoman Menentukan Jumlah Kata Ideal Sebuah Artikel memang dapat dikatakan gampang-gampang susah bro. Mengapa kami mengatakan demikian? Karena masih banyak blogger yang merasa kebingungan dalam menentukan jumlah kata ideal sebuah artikel. Nah, untuk mengatasi rasa kebingungan tersebut, sebelum anda dapat menentukan jumlah kata ideal untuk membangun sebuah artikel yang baik, maka anda perlu menginterpretasi apa yang menjadi tujuan pembuatan artikel. Sebagai contoh, jika anda ingin membangun artikel yang menyajikan informasi lengkap tentang update dunia teknologi terkini, maka pertama kalinya anda perlu membahas pengertian serta ragam teknologi yang berkaitan dengan pembaharuan terkini. Dan artikel tersebut biasanya akan membutuhkan jumlah kata minimal sebanyak 1000 sampai dengan 2000 kata per artikel. Nah, untuk lebih memperjelas mengapa jumlah kata yang ideal sangat berpengaruh terhadap pembuatan artikel yang baik, yuk mari kita ketahui alasannya.

1. Agar konten lebih terstruktur

Seperti yang kami katakan sebelumnya, untuk menentukan jumlah kata dalam membangun sebuah artikel/konten akan sangat ideal apabila ditulis hingga 1000 sampai dengan 2000 kata. Mengapa kami dapat mengatakan demikian? Karena pada dasarnya kita akan membuat konten yang lebih terstruktur. Dan pengertian terstruktur yang kami maksudkan yakni konten yang anda tulis wajib memiliki relevansi antara kata pembuka, isi konten, beserta kata penutup.

2. Lebih mudah terindeks di mesin pencari

Pada dasarnya membuat konten lebih terstruktur memang merupakan poin terpenting dalam membangun artikel yang baik. Relevansi sangat dibutuhkan dalam membuat konten terstruktur yang nantinya akan lebih mudah terindeks di mesin pencari. Akan tetapi, relevansi seperti apakah yang anda buat? Terlebih dari itu, pernahkah anda berpikir untuk membuat konten tersebut semakin padat dengan penyediaan data dari berbagai sumber terpercaya. Nah, untuk mengulas lebih mendalam tentang membuat konten semakin padat dengan penyediaan data agar lebih mudah terindeks di mesin pencari terutama Google, Bing, dan Yahoo, maka anda dapat memahami riset yang kami dapatkan dari Moz serta serpIQ. Berikut hasil risetnya:

Hasil riset Moz mengatakan bahwa jumlah kata dalam artikel mampu mempengaruhi peringkat halaman dihasil pencarian terlepas dari faktor seo lainnya

Dari hasil riset pada gambar di atas, pada kenyataannya semakin banyak jumlah kata yang dimiliki oleh sebuah artikel, maka rankingnya akan semakin kecil. Sedangkan semakin sedikit jumlah kata, maka ranking yang akan terindeks di mata mesin pencari akan semakin besar.

Begitu juga dengan hasil riset yang dilakukan serpIQ, untuk skala besar, terlepas dari dampak seo offpage, judul artikel yang menduduki peringkat 10 besar pada hasil pencarian yakni artikel yang ditulis sampai dengan 2000 kata atau lebih. Berikut grafik yang menjelaskannya.

Dari hasil riset pada grafik di atas menunjukkan bahwa artikel/konten yang menduduki peringkat 10 besar merupakan tulisan yang ditulis hingga 2000 jumlah kata bahkan sangat bagus jika lebih dari 2000 kata.

3. Artikel akan lebih kaya informasi di mata Google

Selain dapat membuat artikel menjadi terstruktur serta lebih mudah terindeks di mata Google, maka untuk alasan pada poin ketiga ini yakni dapat membuat sebuah artikel lebih kaya informasi di mata Google. Mengapa demikian? Karena sampai saat ini, ada banyak orang di dunia ini berharap dapat membaca informasi dari satu sumber saja. Jika informasi yang anda paparkan dalam sebuah artikel memiliki panduan-panduan lengkap dengan video tutorial, maka yakinlah akan ada banyak orang yang menyukai isi artikel yang anda tulis. Yang penting anda hanya perlu mengingat satu hal yaitu Google akan sangat senang jika mereview konten yang berisi tutorial, tips, saran, dan sebagainya.

Nah, oleh karena itu, kesimpulannya adalah jika anda ingin sebuah konten lebih mudah terindeks di halaman pertama Google, maka tulislah konten yang lebih terstruktur dengan menyajikan tutorial, tips, dan saran. Well, setelah kita mengetahui kesimpulan dari membuat konten berjumlah kata panjang dengan menyajikan beragam data serta fakta yang dapat meyakinkan pembaca, maka kami selaku penulis juga ingin menyarankan kepada para blogger terutama pemula, agar tetap fokus terhadap judul beserta isi konten yang akan dibahas. Ini artinya judul beserta isi konten yang sedang dibahas harus memiliki relevansi. Jika tidak, maka konten panjang yang mungkin anda selesaikan sampai satu hari satu malam pun tidak akan bermakna di mata pembaca. Mengapa kami mengatakan demikian? Karena pembaca hanya membutuhkan satu hal yang terdapat dalam konten anda yaitu relevansi. Relevansi konten sangat berguna untuk mendongkrak minat pembaca. Dan jika minat para pembaca semakin terdongkrak, maka bukan hal yang mustahil untuk membuat konten yang anda tulis menduduki halaman pertama Google. Ingatlah dalam hal ini, Google selalu menilai kelayakan sebuah konten untuk menduduki peringkat teratas di halaman pertama, itu semua berasal dari minat pembaca. Kemudian, hal terakhir yang penting untuk diingat yaitu jangan pernah berpikir bahwa konten yang anda tulis dapat diakali dengan melakukan trik copy paste dari sumber lainnya. Yakinlah jika anda menuliskan konten secara original yang dibarengi dengan berbagai fakta dari sumber terpercaya, maka Google akan menempatkan konten anda pada posisi yang tepat. Dan atas kunjungan dari para pembaca, maka kami selaku penulis sangat berterima kasih atas perhatiannya. See you in the next article, and enjoy your holiday.

Article Categories:
Pengetahuan

Comments are closed.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com