Mengetahui Tentang Meningkatkan Kemampuan Otak Anda

Written by

Seberapa sering anda berpikir tentang otak anda? Apakah anda sering mengagumi kekuatannya yang luar biasa. Jika anda seperti kebanyakan orang, maka jawabannya adalah “tidak”. Fakta yang mencengangkan adalah kita hanya menggunakan 10% dari kapasitas otak kita, namun ironisnya jarang dari kita berpikir untuk berinvestasi meningkatkan kemampuan otak kita. Untuk waktu yang lama, para ilmuwan percaya bahwa kita telah terjebak dengan kemampuan otak kita sejak lahir. Untungnya, hipotesa tersebut telah ditinggalkan! Saat ini ada yang disebut neuroplastisitas – sebuah teori baru yang telah membuktikan salah satu fakta yang sangat luar biasa: Otak kita dapat diubah. Ini berarti bahwa jika anda tidak cerdas dalam satu area – itu tidak menjadi masalah! pasti Anda akan memiliki pilihan untuk ‘mengubah’ karena area tersebut di otak anda melalui sedikit pelatihan. Otak anda layaknya otot. Anda hanya perlu melatihnya secara teratur. Hal yang menarik adalah anda tidak perlu menjadi seorang jutawan untuk meningkatkan kapasitas otak anda. Yang perlu anda lakukan adalah menginvestasikan sedikit waktu untuk secara teratur melatih otak anda. Jadi apa yang dapat anda lakukan? Berikut adalah 5 cara sederhana yang dapat meningkatkan kekuatan otak anda, sekaligus kecerdasan anda!

1. Lakukan sesuatu yang baru

Ketika anda melakukan sesuatu yang ‘baru’,  pasti anda akan ‘merangsang’ otak anda! Jangan sampai anda terjebak dengan melakukan hal-hal lama yang sama – satu-satunya cara untuk mengubah struktur otak anda adalah melakukan sesuatu yang baru. Hal ini akan menciptakan jalur saraf baru dan pada akhirnya meningkatkan kecerdasan anda. Anda bisa mengambil rute baru untuk bekerja, mencoba resep baru untuk makan malam, atau bahkan metode latihan yang baru.

2. Berolahraga secara teratur

Sudah terbukti bahwa olahraga teratur bisa membantu anda untuk meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan neurogenesis. Ini berarti bahwa setiap kali anda berolahraga anda membuat sel-sel otak baru! Bangkitlah dari sofa dan bergeraklah.

3. Melatih memori anda

Seberapa sering anda mendengar orang berkata “Saya berharap saya punya memori yang lebih baik!” Namun tidak ada yang melakukan apa-apa tentang hal ini! Jika anda mendisiplinkan diri untuk menghafal nomor telepon dan nomor penting lainnya (paspor, kartu kredit, asuransi, SIM) anda akan mulai melihat peningkatan yang nyata dalam memori anda.

4. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Dibanding menerima segala sesuatu apa adanya, mulailah membiasakan diri untuk mempertanyakan hal-hal barang yang anda temui atau anda  dapatkan. Dengan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan mempertanyakan segala sesuatu, anda memaksa otak anda untuk berinovasi dan menciptakan ide-ide baru. Karena rasa ingin tahulah maka hal-hal super penting seperti listrik dan komputer ditemukan.

5. Berpikir positif

Stres dan kecemasan akan membunuh neuron otak yang ada dan juga menghentikan pembentukan neuron baru. Penelitian telah menunjukkan bahwa berpikir positif, terutama dalam waktu tegang, akan mempercepat pembentukan sel dan secara dramatis mengurangi stres dan kecemasan. Usahakanlah dengan sungguh-sungguh untuk mengganti pikiran negatif anda dengan pikiran yang positif.

Article Categories:
exercise

Comments are closed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com