Menilik Kisah Sukses Duo Hartono Mendirikan Industri Rokok

Written by

Pernahkah terbesit dalam benak pikiran anda untuk menilik kisah sukses duo Hartono mendirikan industri rokok? Pastinya masih ada banyak orang yang tidak mengetahui kisah sukses dua Hartono bersaudara tersebut, bukan? Nah, jika anda masih belum mengetahui kisah sukses kedua orang terkaya di Indonesia yang telah dinobatkan dalam majalah Forbes 2017 tersebut, maka anda dapat membaca ulasan lengkap mengenai dua Hartono bersaudara di bawah ini.

1. Mengenal Robert Budi Hartono & Michael Bambang Hartono

Robert Budi Hartono atau yang karib disapa dengan nama panggilan Oei Hwie Tjhong merupakan seorang wirausahawan yang lahir di Kota Semarang, 28 April 1940. Robert merupakan anak kedua dari Oei Wie Gwan selaku Founder PT Djarum yang berpusat di Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Sedangkan Michael Bambang Hartono atau yang lebih dikenal dengan nama Oei Hwie Siang adalah putra pertama dari pendiri PT Djarum yang berarti abang kandung dari Robert Budi Hartono. Dan putra pertama pendiri perusahaan PT Djarum ini juga lahir di Kudus, Jawa Tengah pada 02 Oktober 1939.

2. Kiprah Duo Hartono Menggeber Kesuksesan PT Djarum

Sama halnya dengan kisah sukses Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia. Kiprah duo Hartono menggeber kesuksesan PT Djarum, pada mulanya dimulai dari tangan kosong berawal dari warisan yang diberikan mendiang ayah mereka yang telah meninggal dunia pada 1963. Warisan tersebut berupa perusahaan rokok yang dulunya dikelola oleh ayah mereka

Berdasarkan informasi yang diwartakan melalui Harian Bernas, pada saat itu Robert masih berusia 22 tahun memperoleh tantangan besar untuk menghandle sebuah pabrik rokok bernama Djarum Gramophon bersama abangnya atau yang kini lebih dikenal dengan Djarum sebagai pabrik rokok terbesar di Indonesia.

Setelah Robert Budi Hartono bersama abangnya mewarisi tantangan dari sang Ayah, ternyata tahun pertama menjalani usaha tersebut bukanlah merupakan sebuah pekerjaan yang mudah. Mengapa begitu? Karena perusahaan yang diwariskan ayah kandungnya tersebut tidak sedang dalam kondisi membaik. Malah pabrik Djarum Gramophon waktu itu baru saja mengalami kebakaran akbar yang hampir melahap semua asset perusahaan. Dan kebakaran tersebut akhirnya memaksa dua Hartono bersaudara ini memulai dari nol.

Kendati harus memulai dari tangan kosong, akan tetapi semangat perjuangan Robert dan abangnya tidak pernah padam. Hartono bersaudara yakin bahwa kondisi buruk yang dihadapi Djarum pada saat itu masih bisa diselamatkan. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, baik itu Robert maupun Michael mulai berusaha untuk mencari dana sokongan serta menerapkan inovasi bisnis yang cermat.

Sesudah melakukan berbagai upaya penyelamatan bisnis perusahaan, akhirnya perlahan tapi pasti pabrik yang hampir bangkrut itu pun mulai bangkit di tangan mereka dan lambat laun mengalami perubahan menjadi salah satu perusahaan terpopuler di Indonesia. Kesuksesan yang dicapai Hartono bersaudara dapat dibuktikan dari produk rokok Djarum yang tidak hanya menguasai pangsa pasar lokal namun telah menjalar ke market Internasional. Menariknya lagi, hasil pencapaian itu pun merupakan rekor terbesar yang ia dapatkan bersama dengan abangnya.

Penting untuk diingat, bahwa timbulnya semangat pantang menyerah yang menjadikan Robert bersama Michael dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia, serta sebagai salah satu profil tokoh besar dalam dunia bisnis adalah dengan melakukan ekspansi bisnis yang tak pernah henti. Melalui semangat perjuangan tersebut, aliran kekayaan bisnis PT Djarum pun kian semakin menggelegar atau hampir tak tergoyahkan.

Selain sektor industri rokok yang digeluti mereka berdua, kesuksesan di bidang lain seperti agrobisnis, elektronik dan bisnis internet juga telah ditunjukan dua Hartono bersaudara tersebut dengan munculnya sederetan cabang perusahaan yang bernama Djarum Group.

Nah, setelah anda membaca kisah sukses duo Hartono mendirikan industri rokok, lantas apakah anda memiliki semangat untuk menjadi orang nomor satu yang paling disegani seperti mereka? Untuk menjadi orang nomor satu di Indonesia seperti mereka berdua mungkin masih jauh dari ekspektasi kebanyakan orang.

Tapi kami yakin, ada banyak sekali hal positif yang bisa anda pelajari dari sosok seorang Robert Budi Hartono maupun Michael Bambang Hartono. Yah, paling tidak anda dapat menjadi orang yang berkepribadian lebih baik dengan balutan semangat bisnis tanpa pantang menyerah. Jika anda dapat mencontoh penerapan semangat pantang menyerah dari kedua Hartono bersaudara ini, maka perlahan tapi pasti bisnis apapun yang anda geluti akan menuai hasil yang sangat memuaskan ke depannya.

Well, itulah ulasan mengenai menilik kisah sukses duo Hartono mendirikan industri rokok yang patut anda ketahui. Ada pepatah mengatakan waktu adalah uang, jadi jika anda menyia-nyiakan waktu yang telah dimanfaatkan layaknya dua Hartono bersaudara ini, maka anda telah menyia-nyiakan kesempatan untuk mencari uang yang sudah berada di depan mata. Manfaatkan waktu mencari uang anda dengan baik, untuk menuai hasil yang lebih baik terhadap bisnis anda. Akhir kata, kami selaku penulis ingin mengucapkan kata terima kasih kepada para pembaca yang melakukan kunjungan ke blog ini dengan mencurahkan perhatian besar terhadap artikel yang kami tulis. Kami sebagai penulis akan selalu mengingat betapa besarnya perhatian yang dicurahkan oleh pembaca sekalian. Perhatian yang anda berikan sangat bernilai bagi perkembangan artikel yang kami tulis. Serta bagi para pembaca yang sedang menunaikan ibadah puasa, kami mengucapkan selamat berpuasa. Enjoy your holiday guys. Have a nice day and see you in the next article.

Article Categories:
info

Comments are closed.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com