Multifungsi Dari Khasiat Tanaman Jahe

Written by

Jahe ini  sangat mudah sekali untuk ditemukan di negara kita, bahkan jahe ini  dapat berfungsi dengan mudah dan ditemukan di berbagai pasar tradisional di negara kita. Selain digunakan untuk rempah dalam campuran masakan, Jahe juga sering digunakan oleh banyak orang sebagai minuman penghangat badan karena jahe memiliki aroma dan juga hangat yang khas yang terkandung didalamnya. Minuman dari jahe ini lebih banyak dikenal orang dengan wedang jahe, dan memiliki rasa yang nikmat dan juga bisa menurunkan berat badan Anda. Ketika Anda kedinginan atau kurang enak badan, Anda bisa mencoba jenis rempah ini dan merasakan manfaat dari aroma dan hangatnya jahe ini.

Khasiat Tanaman Jahe

Dibawah ini beberapa manfaat dan khasiat jahe bagi kesehatan :

1. Mengobati Sakit Perut

Apabila jahe dibuat sebagai minuman dan dicampurkan bersama teh maka bisa bermanfaat untuk mengobati sakit perut. Sakit perut dapat diredakan oleh jahe ini, dikarenakan efek anelgesik yang terdapat didalam jahe, dan peran Teh yang akan menenangkan perut Anda. Selain bisa mengobati sakit perut, teh juga dapat membantu menyerap nutrisi.

2. Menyehatkan Pencernaan

Penggunaan jahe pada berbagai masakan sebagai rempah-rempah selain memiliki tujuan untuk memberikan aroma dan rasa khas pada masakan tersebut juga memiliki manfaat lainnya yang mungkin belum Anda ketahui. Ternyata Jahe dapat menyehatkan pencernaan dengan membersihkan perut dari gas, membersihkan usus besar serta meningkatkan produksi cairan pada pencernaan.

3. Mengatasi Masalah Pernapasan

Campuran Teh dan Jahe atau teh jahe juga dipercaya dapat membantu dalam mengatasi masalah yang terjadi pada pernapasan misalnya pilek atau juga sesak napas. Kandungan rasa hangat dan juga khas yang ada didalam jahe dapat mengurangi terjadinya kontraksi yang terjadi pada saluran udara sehingga membuat Anda bisa bernapas dengan lebih mudah.

4. Menghalau Dingin Dan Juga Batuk

Manfaat Jahe lainnya adalah dapat mencegah dari rasa dingin dan juga batuk. Jahe memiliki kandungan antitoksin yang dapat mencegah bahkan mengobati batuk dan hidung tersumbat, selain itu jahe juga dapat menghangatkan tubuh ketika dalam keadaan dingin.

5.Mencegah Berbagai Kanker

Jahe atau ekstrak jahe juga dipercaya dapat menghambat pertumbuhan macam-macam sel kanker, diantarnya dapat mencegah dari sel kanker paru-paru, sel kanker usus besar, sel kanker payudara.

6. Meredakan Migrain

Selain itu khasiat jahe lainnya yaitu dapat meredakan migrain, sebuah penelitian menyebutkan bahwa jahe dapat menghentikan zat yang bernama prostagladin, zat inilah yang menjadi faktor timbulnya migrain.

7. Mengurangi Sakit Gigi

Manfaat Jahe selanjutnya yaitu dapat mengurangi nyeri yang diakibatkan karena sakit gigi, kandungan anti jamur dan juga anti bakteri yang terdapat didalam jahe dapat membantu dan juga dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan karena sakit gigi.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol

Khasiat yang terdapat dalam jahe lainnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh Anda. Ini artinya bahwa jahe bisa menurunkan dari resiko terjadinya Penyakit Jantung dan juga pembekuan darah internal.

9. Membantu Meningkatkan Suhu Tubuh

Sifat jahe yang hangat dapat membantu meningkatkan suhu tubuh. Sejenis minuman yang sering dinikmati yaitu wedang jahe ini, memang sudah menjadi konsumsi wajib bagi penduduk daerah pegunungan. Selain itu jahe, juga memiliki anti virus dan anti toksin dengan membantu mempromosikan keringat yang dapat membantu mengobati batuk dan masuk angin.

10. Pencegahan Timbulnya Kanker

Ekstrak jahe ternyata dapat menekan pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti mencegah penyebaran gejala kanker kulit,pankreas,kanker ginjal dan gejala kanker paru-paru.

11 Mengatasi Memar dan Rasa Nyeri

Ketika tubuh kita saat ini sedang mengalami sebuah benturan benda tumpul, terkadang menyebabkan memar. Senyawa di dalam sari jahe merupakan anti inflamasi, dapat digunakan untuk meredakan nyeri secara alami akibat benturan tersebut. Manfaat jahe dengan kandungan anti inflamasi juga dapat mengurangi nyeri pada gejala penyakit rematik.

Jahe Merah

Jahe merah memiliki nama latin Zingiber officinale Roxb atau Zingiberaceae Zingiberaceae Officinale Roscoe, adalah tanaman rimpang yang berdiri tegak 40 hingga 50 cm. Tanaman ini  merupakan batang semu, akar berbentuk rimpang dengan daging berwarna merah dengan bau yang kuat. Daun jahe berbentuk menyirip dengan lebar 15-20 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Tangkai daun memiliki bulu halus. Bunga jahe tumbuh diujung batang, bersap-sap dan berwarna merah.  Rimpang jahe memiliki bentuk yang menggelembung dan memiliki jari-jari  yang muncul di sela-sela ruasnya. Rimpang jahe ini mengandung minyak atsiri tinggi sehingga memiliki rasa yang cukup pedas. Rasa pedas pada jahe disebabkan oleh senyawa yang dikenal dengan keton zingeron. Dan bagian inilah yang umumnya banyak dimanfaatkan orang untuk berbagai keperluan.Berikut banyaknya manfaat jahe merah untuk kesehatan:

1.Meredakan Asma

Jahe juga memiliki efek antihistamin yang diyakini dapat meringankan gejala asma. Meskipun jahe merah belum pernah dipelajari secara khusus dalam pengobatan asma, namun mengatakan bahwa kemungkinan rasa hangat dari kandungan minyak esensial dalam jahe yang menyebabkan pernafasan lega bagi penderita asma. Kemungkinan lainnya adalah efek jahe antihistamin yang menyebabkan asma mereda, Namun, bagi orang yang menderita asma dan memiliki maag harus menghindari konsumsi jahe merah, karena gingerol-nya dapat membuat panas dan iritasi pada perut.

2.Sebagai Afrodisiak

Bagi kaum laki-laki, jahe merah diyakini ampuh sebagai afrodisiak atau zat stimulan yang dapat membantu mengobati impot*nsi dan meningkatkan stamina atau libido.

3.Khasiat lain

Beberapa sifat obat dari jahe merah yang banyak disebutkan antara lain Mengatasi migrain, rasa pusing, meningkatkan sirkulasi darah, mengobati masalah pencernaan, mengatasi perut kembung, mengatasi masuk angin, nyeri rematik,  pilek, influenza, menjaga sistem kekebalan tubuh, mencegah kemandulan dan memperkuat daya tahan sperma.

4.Mencegah penuaan

Sentawa farnesal yang terkandung dalam jahe merah juga mampu mencegah proses penuaan karena dapat merangsang regenerasi sel kulit.Sebenarnya cukup banyak digambarkan khasiat jahe merah. Namun semua sifat ini masih harus dibuktikan secara ilmiah untuk memastikan apakah memang benar-benar berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh.

5.Mengatasi Rematik

Rematik merupakan salah satu peradangan yang terjadi pada sendi – sendi tubuh yang menyebakan rasa nyeri yang sangat dan tidak tertahankan. Mengatasi rematik kadang memerlukan bantuak suntikan dari dokter. Namun jika anda ingin mengatasi rematik dengan mencoba menggunakan ramuan herbal dari bahan alami cobalah untuk menggunakan jahe merah dalam upaya pengobatan. Banyak yang telah membuktikan jika jahe merah dapat meredakan nyeri akibat rematik. Ramuan herbal dari jahe merah ini langkah baiknya dilakukan setiap satu hari sekali untuk pengobatan dan diminum sebanyak dua kali seminggu untuk pencegahan remati. Meskipun pada umumnya rematik menyerang orang tua yang berusia lanjut namun tidak sedikit anak muda yang telah merasakan nyeri akibat rematik ini. Oleh sebab itu baiknya rematik ini di cegah dengan menjalani pola hidup yang sehat.Batuk merupakan salah satu masalah akibat demam panas tubuh yang tinggi. Terkadang batuk terjadi karena demam dan disertai dengan flu yang menyerang. Disini yang menjadi masalah adalah daya tahan tubuh secara fisik anda yang lemah sehingga virus mudah menyerang sistem imunitas tubuh. Batuk yang menyerang anda bisa saja batuk yang kering dan juga batuk berdahak. Meskipun begitu ramuan herbal ini berfungsi untuk menyembuhkan batuk berdahak dan tidak berdahak.

6.Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala bisa disebabkan oleh banyaknya aktifitas yang dilakukan sehari – hari. Dengan banyaknya kegiatan menjadikan badan terlalu banyak bergerak dan bisa menyebabkan sakit kepala. Kadang untuk mengobati sakit kepala cara meredakannya adalah dengan mencoba ramuan herbal jahe merah. Jika ramuan jahe merah efektif maka cara untuk mengkonsumsinya sehari – hari adalah dengan diminum sesudah makan. Maka coba baringkan badan anda  untuk istirahat agar kondisi badan tetap fit.

7.Menurunkan Kolesterol

Manfaat jahe merah untuk kesehatan lainnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol. Kadar kolseterol yang tinggi merupakan pangkal awal terjadinya penyakit jantung koroner. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan bagi manusia. Jadi untuk menurunkan kolesterol cobalah meminum ramuan alami jahe merah agar kondisi kadar kolseterol kembali normal.

8.Menghilangkan Jerawat

Jerawat juga merupakan salah satu masalah kulit akibat kelebihan kelenjar minyak yang bercampur dengan debu yang bertebaran di udara. Menghilangkan jerawat merupakan salah satu pekerjaan yang gampang – gampang susah. Namun ada ramuan herbal yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat beserta bekas dari jerawat. Asalkan anda telaten melakukannya maka jerawat akan hilang dengan sendirinya tanpa susah payah. Jadi untuk menghilangkan jerawat bisa dilakukan pengobatan melalui cara dalam dengan membersihkan darah kotor sehingga pengobatan dari luar juga ampuh untuk mempercepat proses penyembuhannya.

Article Categories:
info

Comments are closed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com