Pengaruh Memasak Dengan Hilang nya Nutrisi Makanan

Written by

Mengkonsumsi makanan yang bergizi dapat meningkatkan kesehatan dan jumlah energi Anda. Namun cara Anda memasak makanan dapat berpengaruh besar kepada jumlah nutrisi yang ada di dalamnya, bisa mengurangi atau justru meningkatkannya. Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana metode memasak dan pengaruhnya terhadap kandungan gizi yang terdapat dalam makanan. Mengkonsumsi makanan yang bergizi dapat meningkatkan kesehatan dan jumlah energi Anda. Namun cara Anda memasak makanan dapat berpengaruh besar kepada jumlah nutrisi yang ada di dalamnya, bisa mengurangi atau justru meningkatkannya. Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana metode memasak dan pengaruhnya terhadap kandungan gizi yang terdapat dalam makanan:

1.Perebusan

Sayuran  pada umumnya merupakan sumber terbanyak vitamin C, namun jumlah vitamin yang berlimpah itu akan hilang ketika dimasak dalam air.Bahkan  proses medidihkan mengurangi vitamin C lebih banyak dari metode memasak yang lain. Brokoli, bayam dan selada bisa kehilangan nutrisi ini hingga 50% atau lebih  vitamin C bila direbus.Karena vitamin C bersifat larut dalam air dan sensitif terhadap panas, maka dapat larut ketika sayuran terendam dalam air panas.

2.Memanggang Dengan Grill

Memanggang  dengan sumber panas yang berasal dari bawahbisa menghilangkan vitamin B hingga 40%, dan bahkan mineral dapat hilang ketika kaldu yang kaya gizi menetes dari daging.Ada  juga kekhawatiran tentang zat hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) yang berpotensi menjadi karsinogen( zat penyebab kanker) ketika daging dipanggang dan lemak menetes ke permukaan sumber panas. Namun untungnya para peneliti telah menemukan bahwa zat ini bisa turun hingga 41-89% jika tetesan dikeluarkan dan asap dikurangi.

3.Memasak Dengan Microwave

Microwave  adalah cara memasak  yang mudah, nyaman dan aman. Singkatnya waktu memasak paparan panas yang kecil akan mempertahankan nutrisi dalam makanan pada microwave .Studi telah menemukan bahwa microwave adalah metode memasak terbaik untuk mempertahankan aktivitas antioksidan dalam bawang putih dan jamur.Sementara  itu hanya sekitar 20-30% vitamin C dalam sayuran hijau yang hilang selama diproses dimicrowave – yang lebih sedikit potensi kehilangannya dari metode memasak yang lain.

3.Memanggang Oven  Dan Baking

Memanggang  dan baking mengacu pada makanan yang dimasak dalam oven dengan menggunakan panas kering. Kebanyakan, kehilangan vitamin termasuk vitamin C lebih sedikit dengan cara memasak ini. Namun, karena waktu memasak yang lama pada suhu tinggi, vitamin B dalam daging panggang bisa menurun sebanyak 40%.

Article Categories:
tekno

Comments are closed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com