Penyebab Jamur Kuku dan Cara Mengatasinya

Written by

Apabila kuku Anda memiliki titik putih atau berwarna kuning di ujung kuku ibu jari maka bisa jadi itu adalah kuku jamur. Jika infeksi jamur tersebut menyebar bisa jadi kuku akan berubah warna, menebal, dan akan hancur di bagian ujungnya. Jamur kuku biasanya akan menginfeksi bagian keras yang membentuk kuku. Infeksi tersebut bisa menyebar ke seluruh bagian kuku, termasuk di bagian landasan, lempeng, dan akar kuku.

Adapun beberapa kondisi yang bisa memicu jamur kuku adalah:

1. Kerusakan pada Kulit atau Kuku Kaki

Kuku atau kulit kaki yang mengalami kerusakan akan sangat rentan terhadap infeksi kuman, termasuk juga infeksi jamur penyebab jamur kuku. Bisa jadi, kaki juga merupakan organ tubuh yang paling sering melakukan kontak dengan obyek yang rawan menyebabkan infeksi seperti lantai. Karena itulah, luka di kaki akan meningkatkan resiko infeksi.

2. Berada di Lingkungan yang Lembab

Jamur sangat menyukai lingkungan yang lembab. Lingkungan lembab merupakan lingkungan paling efektif untuk jamur berkembang biak. Terlalu lama memakai sepatu serta terlalu sering berjalan di tempat lembab merupakan faktor-faktor yang akan menyebabkan kaki menjadi lebih lembab. Hal tersebut akan meningkatkan resiko bagi kaki untuk terkena infeksi jamur.

3. Sepatu Terlalu Sempit

Memakai sepatu yang terlalu sempit akan membuat kaki mudah berkeringat. Jika Anda memakai sepatu yang terlalu sempit dan dalam waktu yang relatif lama maka resiko bagi Anda untuk terkena jamur kuku juga akan meningkat. Sebab jamur akan suka dengan situasi kaki Anda yang begitu lembab akibat intensitas keringat yang tinggi.

4. Rutin Memakai Kosmetik pada Kuku

Memakai kosmetik pada kuku atau terlalu sering menggunakan kuku palsu akan meningkatkan kerusakan pada kuku. Bahan kimia pada kosmetik kuku dan juga bahan perekat kuku palsu juga berpotensi menyebabkan luka pada kulit sekitar kuku. Akibatnya jamur akan menginfeksi kuku dan juga kulit.

5. Sering Menggigit Kuku

Jika Anda memiliki kebiasaan menggigit kuku maka kurangilah kebiasaan itu mulai sekarang. Kebiasaan menggigit kuku akan meningkatkan resiko masuknya kuman di kuku ke mulut sehingga menyebabkan penyakit. Selain itu, menggigit kuku otomatis akan menyebabkan kerusakan kuku sehingga menyebabkan jamur kuku.

Article Categories:
info

Comments are closed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com