Penyebab Kemandulan(Infertilitas)Pada Wanita Dan Pria

Written by

Supaya bisa mendapatkan kehamilan, semua proses yang rumit dari mulai tingkat kesuburan dan ovulasi harus dapat bekerja dengan tepat. Hal ini tentu saja melibatkan keduanya dari pasangan, pria dan wanita. Salah satu pihak pasangan yang tidak memiliki syarat kesuburan yang cukup tentu bisa menyebabkan sulitnya untuk mendapatkan anak. Masalah infertilitas atau kemadulan ini bisa terjadi sejak lahir, atau karena sesuatu hal yang salah selama menjalani kehidupan. Tak semua masalah sulit hamil disebabkan oleh masalah kesuburan atau mandul, timing yang tidak tepat juga bisa menjadi faktor.Berbagai penyebab paling umum yang dapat menyebabkan kemandulan pada wanita maupun pria:

1.Terkait menstruasi dan ovulasi 

Haid yang tidak teratur atau ovulasi abnormal (anovulasi), adalah salah satu dari sejumlah alasan kemandulan pada wanita terbanyak, dan bisa dikaitkan dengan sekitar 25% dari semua masalah infertilitas pada wanita.

2.Penyakit tuba falopi 

Adanya penyumbatan atau jaringan parut di saluran tuba, yaitu sepasang saluran utama dari ovarium menuju rahim dimana pembuahan terjadi.

3.Endometriosis 

Endometriosis bisa menjadi kronis dan sakit, yang umum ditandai dengan jaringan dinding rahim berada di luar rahim; ini seringkali berada dalam ovarium, saluran tuba, rahim, usus dan kandung kemih. Jaringan parut yang terbentuk dari masalah ini dapat menyebabkan kemandulan. Operasi bisa menjadi pengobatan yang efektif bagi wanita dengan endometriosis.

4.Sindrom ovarium polikistik (PCOS) 

PCOS adalah kondisi dimana terjadi ketidak seimbangan hormon sehingga berkurangnya masa ovulasi, menstruasi yang tidak teratur, dan menyebabkan kemandulan. Tanda dari kondisi ini adalah munculnya banyak kista kecil di ovarium yang dilihat dengan USG. Hal ini juga sering dikaitkan dengan masalah resistensi insulin.

5.Fibroid rahim

fibroid adalah tumor jinak yang tumbuh dirahim kita yang dapat menyebabkan rasa nyeri panggul dan perdarahan haid yang berat. Kondisi ini juga dapat menyebabkan infertilitas dan keguguran berulang. Seorang dokter mungkin akan menyarankan miomektomi sebagai tindakan bedah terbaik untuk mengangkat fibroid bagi wanita yang ingin hamil.

6.Kegagalan ovarium prematur (POF) 

Wanita yang berusia 40 tahun atau lebih muda yang mana indung telur mereka tidak lagi berfungsi untuk mengovulasi telur, biasanya didiagnosa mengalami kegagalan ovarium prematur. Tidak hanya kehilangan kemampuan reproduksi, tetapi mereka juga berisiko lebih tinggi terhadap penyakit jantung dan osteoporosis.

Article Categories:
info

Comments are closed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com