Penyebab Leher Kaku Dan Tegang

Written by

Beberapa dari anda pasti sering mengalami kondisi dimana otot leher anda menjadi kaku dan tegang, sehingga hal ini menyebabkan anda kesulitan untuk menengok dan juga menganggukan kepala anda. Biasanya kondisi leher yang kaku dan tegang tidaklah memandang usia, karena siapapun bisa mengalami hal ini, yang membedakan adalah intensitas alias lama atau tidaknya kondisi tersebut bertahan.Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda rasakan ketika leher anda terasa kaku dan tegang :

1.Terlalu Banyak Beban Pikiran

Faktor pertama yang mungkin dapat menyebabkan terjadinya kondisi leher yang mengalami tegang dan juga kaku apalah faktor psikologis. Hal in iterjadi ketika anda mengalami banyak tekanan, yang membuat adna menjadi stress. Ketika anda menjadi stress, maka bisa saja akan muncul apa yang disebut dengan istilah psikosomatis, yaitu kondisi gangguan kesehatan atau fisiologis yang penyebabnya adalah gangguan pada area psikologis.

2.Kelaparan

Faktor kelaparan juga menyumbang munculnya gangguan leher kaku dan juga tegang. Biasanya hal ini berdampak pula pada munculnya sakit kepala ataupun pusing. Hal ini mungkin cukup jarang terjadi, namun di beberapa kasus, ketika seseorang mengalami kelaparan, maka akan berpengaruh kepada kondisi fisiknya, salah satunya adalah kondisi otot dan juga syaraf yang kemudian menjadi kaku dan juga tegang.

3.Kelelahan

Faktor berikutnya yang paling sering menyebabkan terjadinya leher kaku dan juga tegang adalah faktor kelelahan. Ya, ketika seseorang merasa lelah, maka tubuh membutuhkan istirahat. Namun demikian, ada beberapa kondisi dimana ketika seseorang sudah lelah, masih dipaksakan untuk beraktivitas, yang akan menyebabkan kelelahan menjadi bertambah parah. Hal ini memicu terjadinya gangguan pada otot dan juga syaraf, salah satunya yang terdapat pada bagian leher, sehingga membuat leher anda menjadi kaku dan tegang.Cara terbaik untuk mencegah hal ini adalah dengan cara beristirahat yang cukup, terutama ketika anda merasa lelah. Jangan pernah memaksakan kemampuan diri anda, karena dapat membahayakan diri anda sendiri.

4.Posisi Tidur Yang Tidak Tepat

Pernahkah anda bangun dari tidur, lalu merasakan bahwa leher anda terasa sakit,kaku dan juga tegang? Ya, hal ini juga cukup sering terjadi ketika anda mengambil posisi tidur yang salah. Hal ini agak sulit untuk dihindari, karena ketika sedang tidur, anda mungkin tidak menyadari posisi tidur anda, sehingga hal ini dapat terjadi begitu saja. Namun yang perlu anda perhatikan ketika anda bangun tidur dan mengalami leher yang kaku dan juga tegang, anda harus beristiahat sebentar, lalu kemudian cobalah untuk memijat – mijat bagian leher anda yang sakit dengan menggunakan minyak gosok, serta coba untuk melakukan gerakan pada leher anda.

Article Categories:
info

Comments are closed.

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com