Perbedaan Hacking Dan Cracking

Written by

Sampai saat ini , cyber kriminal telah banyak dialami oleh setiap orang di dunia internet . Apakah itu berbentuk pencurian informasi pribadi , data kartu kredit , password internet banking , dan sebagainya . Dan hal ini , biasanya dilakukan oleh para hacker maupun cracker untuk mencari keuntungan . Jika membahas tentang hacker maupun cracker , maka dalam artikel ini kita akan berbicara tentang apa perbedaan hacking serta cracking . Pada dasarnya , hacker dan cracker memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mencuri informasi pribadi dari situs maupun komputer anda ( yang dapat dimanfaatkan melalui virus , spyware , malware , dan sebagainya ) , namun hanya berbeda di cara pengoperasian yang diterapkan . Dan berikut di bawah ini terdapat penjelasan tentang hacker maupun cracker yang perlu anda ketahui . Namun sebelum kami melanjutkan pembahasan tentang apa yang dimaksud dengan hacker maupun cracker , maka anda dapat menyimak sebuah video di bawah ini , silahkan dinikmati :

A . Apa yang dimaksud dengan hacking ?

Dalam berbagai panduan lengkap hacking website yang dapat anda temukan pada search engine google , itu semua membahas tentang bagaimana seseorang dapat melacak situs anda , yang kemudian dapat digunakan untuk tujuan pencurian informasi . Dalam case ini , berarti website yang anda rancang akan memiliki kerentanan terhadap pencurian informasi . Dan seseorang yang mahir dalam teknik ini biasanya akan disebut sebagai hacker .

B . Bagaimana teknik pencurian data yang dilakukan hacker ?

22dnf_mass_sql_injection3

Anda mungkin akan bertanya-tanya tentang bagaimana seorang hacker dapat mengetahui sebuah situs merupakan situs milik anda . Dan dalam dunia internet , hal yang perlu anda tanamkan dalam diri sendiri yaitu segala sesuatu dapat terjadi diluar kendali anda . Dalam case ini , meskipun anda tidak membagikan data pribadi ke media sosial manapun , namun seorang hacker juga dapat mengambil database setiap user dari situs web manapun , melalui teknik hack website dengan SQL Injection . Jadi anda perlu berhati-hati jika ingin menyimpan data pribadi di media sosial .

the-nsa-trained-edward-snowden-to-be-an-elite-hacker

C . Keuntungan dari hacking

Banyak keuntungan yang akan didapatkan , jika seseorang mahir dalam teknik hacking , dan salah satunya yaitu :

  • Hacker dapat mencuri informasi penting dari sebuah perusahaan besar , untuk dimanfaatkan sebagai peningkatan omset penjualan perusahaan yang dimilikinya
  • Hacker dapat mencuri banyak informasi data bank yang akan digunakan untuk kepentingan pribadinya sendiri
  • Kemampuan hacking biasanya juga dapat digunakan untuk menjebol sistem keamanan sebuah antivirus

D . Resiko dari hacking

Untuk menjadi hacker memang ada kalanya dapat diuntungkan , namun anda perlu memikirkan resiko terbesar jika ingin menjadi seorang hacker . Kata pepatah bahwa sepandai-pandainya tupai melompat , maka pada akhirnya tupai tersebut akan jatuh ke lubang yang sangat dalam . Dan dalam kehidupan nyata , hal ini memang sudah wajar terjadi . Segala sesuatu yang membutuhkan keuntungan besar , pasti ada celah yang dapat membuat seorang hacker menjadi ketahuan oleh publik , benar bukan ? Dan berikut merupakan resiko dari hacking yang perlu anda ketahui :

  • Ketahuan oleh publik ? Itu sudah pasti dong …
  • Ada banyak hacking tool yang dapat dipelajari oleh orang awam , jadi masih perlukah anda melakukan teknik hacking secara manual ? Tentu tidak perlu kan…
  • Dapat terlacak oleh privasi di situs maupun media sosial manapun , wow itu sangat mengerikan bukan ?

Dan itu merupakan sekilas mengenai pembahasan hacking yang perlu anda ketahui , namun dalam dunia internet , masih ada teknik pencurian data yang disebut dengan cracking . Dan teknik ini memiliki cara pencurian data yang lebih menakutkan dari para hacker , serius loe bilang menakutkan ? Baiklah tanpa basa-basi lagi , mari kita membahas tentang apa itu cracking ?

E . Apa yang dimaksud dengan Cracking ?

Cracking adalah tindakan pembobolan sistem komputer dengan tujuan yang sama dengan hacker yaitu mencuri data , namun cara yang mereka gunakan sangat berbeda dalam pencurian informasi . Dan seseorang yang melakukan kejahatan kriminal dalam dunia teknologi ini memang sangat profesional . Mereka merupakan seorang cracker yang hebat . Biasanya kebanyakan orang yang kehilangan data , akan menganggap tindakan ini sebagai perbuatan dari hacker . Namun , masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa dibalik seorang hacker , masih tersembunyi seorang cracker yang hebat .

F . Teknik apa yang digunakan Cracker untuk mendapatkan informasi ?

Seorang cracker biasanya akan melakukan teknik yang disebut sebagai “mengincar celah” atau yang biasanya disebut sebagai security hole . Dan hal ini biasanya dapat ditemukan pada data nasabah bank , dan sebagainya . Mereka akan melakukan teknik seperti Nmap, Strobe, Tcpprobe atau Queso untuk menjebol sistem keamanan komputer anda . Jadi berhati-hatilah untuk itu .

G . Langkah pencegahan terhadap invasi Cracker

  • Atur perizinan penggunaan Access Control komputer anda . Dalam hal ini , anda dapat memisahkan antara mana orang yang dapat menggunakan komputer anda atau mana orang yang tidak berwenang .
  • Jika komputer anda menggunakan OS Linux , maka anda dapat menggunakan Shadow Password yang berfungsi untuk mengenkripsi password serta user id akun bank anda
  • Tingkatkan keamanan Firewall yang berfungsi untuk membendung invasi cracker ke komputer anda
  • Gunakan Securesheel untuk me-remote login
  • Update software

Nah itulah sekilas perbedaan antara hacker maupun cracker . Dan artikel yang kami buat bertujuan untuk menyadarkan masyarakat tentang kekejaman dari dunia internet . Anda harus berhati-hati dengan data yang anda simpan di komputer maupun di sebuah situs , karena itu akan menjadi makanan empuk dari para cracker maupun hacker . Atas perhatian dari para pembaca , maka kami ucapkan terima kasih . See you in the next article .

Article Categories:
tekno

Comments are closed.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com