Resiko Operasi Caesar Yang Tidak Banyak Diketahui

Written by

Banyak diantara kita yang berfikir bahwa persalinan caesar lebih mudah dan tidak sesakit persalinan normal. Bahkan sampai menganggap sepele wanita yang melahirkan dengan jalan operasi ini. Padahal persalinan caesar memiliki resiko yang jauh lebih tinggi dibandingkan persainan normal. Berikut ini saya akan rangkumkan 6 hal buruk yang bisa terjadi jika seorang wanita melahirkan secara caesar.

1. Nyeri Perut Yang Dahsyat

Kita tentu tahu bahwa wanita yang sedang melahirkan dengan jalan operasi tidak merasakan sakit. Karena ketika operasi pembedahan berlangsung, dokter menggunakan obat bius untuk menghilangkan/mematikan rasa. Tapi tahukah Anda betapa sakitnya setelah  operasi itu selesai dan reaksi obat bius sudah habis? Bayangkan saja jika tangan kita teriris pisau sedikit saja. Pasti perih, nyeri, dan cedut-cedut. Padahal itu masih bagian kulit luarnya saja yang teriris. Sedangkan wanita yang menjalani operasi caesar mengalami robekan luka yang panjang dan dalam. Bukan hanya lapisan perut saja yang dibedah, tetapi juga dinding rahim.

2. Trauma Berkepanjangan

Banyak dari mereka yang melahirkan caesar mengatakan telah mengalami ketakutan yang lebih besar jika melahirkan dengan jalan operasi lagi. Bahkan meninggalkan trauma yang mendalam akibat rasa sakit yang diderita usai operasi. Ketakutan itu dimulai dari persiapan awal memasuki ruangan operasi yang menegangkan, pembiusan, selamIa dilakukannya tindakan operasi, hingga waktu lamanya untuk menahan rasa sakit sembari merawat bayi. Faktanya, banyak wanita yang merasa lega bahkan mengaku bangga karena bisa melahirkan dengan alami atau normal. Lain halnya dengan mereka yang melahirkan.secara sesar. Mereka banyak yang merasa tidak menjadi wanita seutuhnya. Hal ini akan berdampak buruk bagi jiwanya sendiri.

3. Sakit Punggung

Sakit punggung dan pinggang adalah hal yang wajar dirasakan bagi mereka yang menjalani operasi sesar. Dokter  ini sering mengatakan hal ini dikarenakan mempunyai  beberapa faktor diantaranya karena kondisi punggung yang lama mendapatkan beban berat semasa hamil, dan juga karena efek bius saat operasi. Sakit punggung ini bisa berlangsung hingga berbulan-bulan. Akan tetapi terkadang bisa dirasakan meskipun sudah bertahun-tahun. Tapi tidak semua mengalami hal ini.

4. Infeksi Pada Luka Bekas Jahitan 

Yang namanya operasi, pasti ada kemungkinan untuk terjadinya infeksi. Dimana luka bekas jahitan bernanah atau mengalami infeksi. Meskipun tidak semua mengalaminya, akan tetapi hal ini bisa menjadi wacana penting agar kita lebih berhati-hati. Menjaga kebersihan luka jahitan selama proses penyembuhan adalah hal yang harus diperhatikan.

5. Bekas Jahitan Permanen  

Adanya bekas jahitan bisa dikatakan resiko yang tidak begitu serius. Bila dibandingkan dengan resiko sesar yang lain, resiko ini tak ada apa-apanya. Akan tetapi sebagian wanita ada yang tidak menginginkan hal tersebut. Karena itu mereka melakukan perawatan untuk memudarkan bekas luka. Meskipun demikian, tidak semua bekas luka dapat hilang seperti sedia kala.

6. Gagal Operasi

Kegagalan dalam operasi yang berakhir kematian ini  adalah kemungkinan terburuk yang bisa terjadi kepada siapa saja. Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor, seperti kondisi ibu, bahkan bisa saja karena adanya kesalahan penanganan oleh pihak rumah? sakit.
Article Categories:
info

Comments are closed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com