Seluk Beluk Pulau

Written by

Banyak pulau terindah di dunia yang dapat anda kunjungi , dan anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam , atau duduk di pinggiran pantai pasir putih sambil menikmati segelas anggur merah bersama pasangan anda di pulau tersebut . Namun itu hanya merupakan momen untuk berbagi keceriaan bersama pasangan anda . Disamping itu , sebelum anda merencanakan trip wisata ke pulau tersebut , mari kita membahas tentang apa yang dimaksud dengan pulau dan bagaimana history terbentuknya pulau ?

I . Apakah yang dimaksud dengan pulau ?

Pulau adalah tanah yang terbentuk dari benua dan seluruhnya dikelilingi oleh air. Pulau juga memiliki kumpulan beberapa pulau yang dinamakan sebagai kepulauan atau jika diartikan ke dalam kata bahasa inggris yaitu archipelago

II . Apakah perbedaan antara pulau dan benua ?

Sebenarnya benua merupakan daratan yang berasal dari pulau , dan kebanyakan pulau yang lebih besar di dunia merupakan jenis kontinental .

untitled

Sebagai contoh , Pulau Greenland yang memiliki luas sebesar 822 ribu mil persegi atau setara dengan 2,130 juta kilometer persegi , merupakan pulau terbesar yang terdiri dari daratan yang dikenal sebagai Benua Amerika Utara . Demikian juga dengan pulau terbesar kedua di dunia yaitu Papua Nugini yang memiliki luas sebesar 303 ribu mil persegi atau 785 ribu kilometer persegi , juga merupakan bagian dari Benua Australia yang dipisahkan oleh Selat Torres .

map-torres-strait

Dan jika anda ingin mengetahui lebih jelas tentang pulau apa saja yang terbesar di dunia , maka anda dapat melihat video dan tabel dari daftar pulau terbesar di dunia yang sudah kami sediakan dibawah ini , silahkan dinikmati :

untitledand

III . History terbentuknya pulau

Secara umum ada dua jenis pulau yang terbentuk di permukaan bumi , yaitu :

A . Pulau berbentuk Benua

Benua atau yang disebut dengan nama Kontinental merupakan daratan yang ditetapkan sebagai pulau oleh pemerintah yang mengutamakan hasil kesepakatan daripada mempertimbangkan kriteria baku . Dan sampai saat ini , ada 7 Benua yang dapat anda temukan di permukaan bumi yaitu :

1 . Benua Asia

      untitledasia

 Benua Asia adalah benua yang memiliki jumlah penduduk terpadat di dunia dan terletak di bagian        timur belahan utara permukaan bumi .

2 . Benua Afrika

      africa-map

Benua Afrika merupakan benua ketiga terbesar di dunia yang memiliki penduduk terpadat kedua setelah Benua Asia .

3 . Benua Amerika Utara

      north_america_map

4 . Benua Amerika Selatan

      433-south-america

Benua Amerika Selatan merupakan benua yang terletak diantara Samudera Pasifik dan Atlantik yang terhubung dengan Amerika Utara melalui Panama . Dan benua ini juga dilintasi oleh garis Khatulistiwa

5 . Benua Antartika

      continent-map-of-antarctica

6 . Benua Eropa

      europe-politica-maps

Benua Eropa merupakan pulau yang terletak di kawasan semenanjung Eropa . Dan Benua ini merupakan yang terkecil di dunia , dengan populasi penduduk sebanyak 799 juta jiwa .

7 . Benua Australia

              continent-map-of-australia

Benua Australia adalah benua yang termasuk dalam persemakmuran Inggris dan terletak di sebelah selatan negara Indonesia .

B . Pulau yang terbentuk melalui Samudera

Samudera merupakan laut yang terdiri dari kumpulan air asin dan saling terhubung untuk membentuk suatu pulau . Dan seperti yang kita ketahui , sampai saat ini terdapat 5 Samudera yang ada di permukaan bumi yaitu :

1 . Samudera Antartika

     antarctica-travel

Samudra Antartika merupakan air laut yang mengelilingi Benua Antartika yang juga merupakan lautan terluas keempat di dunia

2 . Samudera Artik

     KONICA MINOLTA DIGITAL CAMERA

3 . Samudera Atlantik

     atlanticocean

4 . Samudera Hindia

     800px-indischer_ozean_beben2004_id

5 . Samudera Pasifik

     pacific-ocean-pic

Article Categories:
Pengetahuan

Comments are closed.

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com