Tips Merawat Bayi Dengan Baik Dan Bener

Written by

Sebagai seorang ibu baru, Anda telah membaca, menonton, dan menelurusi Internet untuk mempelajari banyak hal—namun Anda mungkin butuh contekan saat sang buah hati hadir. Untuk membantu Anda memulai dengan baik, JOHNSON’S baby menyusun panduan cepat ini untuk mempelajari hal-hal dasar tentang bayi dan cara merawat bayi baru lahir.

1.Menggendong

Bagi Anda, bayi yang baru lahir mungkin terasa rapuh dan ringkih, tapi ibu tak perlu takut untuk menyentuh, memegang atau menggendong bayi Anda! Justru, penelitian menunjukkan bahwa bayi  lebih dari dua jam per hari tumbuh lebih sehat dan jarang menangis Karena otot leher bayi Anda yang baru lahir belum sepenuhnya berkembang, Anda perlu menopang kepalanya saat mengangkatnya. Anda juga perlu menopang kepala bayi Anda dengan bahu atau tangan saat sedang menggendongnya.

2.Memandikan

Elle Walker menjelaskan bahwa sebenarnya tak ada ruginya memandikan bayi Anda setiap hari

Sebagai salah satu cara merawat bayi yang baru lahir, sebagian dokter anak menyarankan untuk membersihkan bayi Anda dengan mandi spons sampai tali pusarnya sembuh dan lepas (biasanya dalam seminggu atau dua minggu). Pelajari cara dan pastikan Anda memiliki semua perlengkapan mandi yang dibutuhkan sebelum bayi Anda hadir, agar Anda tidak melewatkan momen bersama sang buah hati.

3.Cara  Memilih Produk Untuk Bayi Anda

Sebuah  produk bayi yang ideal sepatutnya tidak menyebabkan iritasi pada kulit atau mata bayi, atau membuat kulit kering, atau mengganggu pH alami kulit bayi. Yang lebih penting, produk tersebut harus diawetkan secara efektif guna membantu menjaga kualitas produk saat pemakaian normal.

4.Mengganti Popok

Banyak  orang tua baru yang terkejut dengan jumlah popok yang mereka habiskan dalam satu hari. Untuk memudahkan hidup Anda dalam merawat bayi yang baru lahir, siapkan cukup popok sebelum membawa bayi pulang ke rumah. JOHNSON’S baby juga menyarankan ibu untuk mempelajari cara mengganti popok bayi (dan kalau perlu berlatih!) terlebih dulu.

5.Menenangkan

Sebagian  besar bayi menangis rata-rata selama dua jam sehari pada tiga bulan pertamanya. Meski tampak mengkhawatirkan, ini adalah sesuatu yang normal.

Untuk  menenangkan bayi Anda, pertama-tama, cobalah ketahui alasan ia menangis. Apakah ia lapar? Apakah ia buang angin? Apakah popoknya perlu diganti? Apakah sudah waktunya ia tidur siang? Apakah ia terganggu oleh suara bising, cahaya atau aktivitas lainnya?

Untuk  membantu menenangkan bayi yang mengantuk atau merasa terganggu, gendonglah bayi di bahu Anda sembari menggoyangnya dengan lembut. Bernyanyilah atau bicaralah dengan lembut pada bayi Anda—tenangkan ia dengan suara yang halus. Menggosok bagian punggung bayi juga mungkin dapat membantu. Cobalah berbagai posisi untuk menemukan posisi yang nyaman untuk Anda dan bayi. Inilah cara merawat bayi baru lahir yang bisa berguna untuk Anda.

Pertimbangan  lainnya: Bayi Anda belum mampu banyak bergerak pada beberapa minggu pertamanya dan mungkin menangis untuk meminta bantuan jika ia merasa tidak nyaman saat berbaring di ranjang. Anda dapat membantu buah hati dengan secara perlahan mengganti posisinya. Namun demi keamanan, selalu letakkan bayi Anda dalam posisi terlentang saat tidur.

6.Pijatan Bayi

Membangun  Ikatan & MenenangkanSentuhan adalah bahasa pertama untuk bayi Anda dan dapat menjadi cara bagi para ibu untuk merawat si kecil yang baru lahir dan membangun ikatan dengannya.

Penelitian  menunjukkan bahwa pijatan dapat membuat bayi rileks, memperbaiki pola tidur, serta menenangkan mereka saat sedang gusar. Memberi pijatan pada bayi Anda juga menjadi cara yang baik untuk membangun ikatan dengan bayi, serta merupakan hal yang mudah untuk dilakukan.

7.Menyusui

Banyak ahli kesehatan sepakat bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi Anda. Dilihat dari gizinya, ASI tercipta khusus untuk bayi Anda. Namun JOHNSON’S® baby mengerti bahwa Ada kalanya seorang ibu tidak dapat menyusui bayinya, baik karena masalah kesehatan ataupun kondisi lainnya. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai cara terbaik untuk menyusui bayi

Cara apapun yang Anda gunakan untuk menyusui bayi Anda, pastikan untuk selalu memegang si kecil saat memberinya makan. Pelukan saat merawat dan menyusui si kecil dapat membantu membangun ikatan yang kuat antara Anda dan buah hati.

8.Tidur

Cara tidur bayi Anda berubah seiring pertumbuhannya. bayi yang baru lahir sering tidur , dan sering terbangun di siang dan malam hari. Meski demikian, Anda masih dapat membangun rutinitas tidur untuk bayi, bahkan sejak ia baru berusia 6 sampai 8 minggu.

Seiiring  bertambahnya usia si Kecil, waktu tidurnya akan berubah, lebih banyak di malam hari ketimbang di siang hari. Anda juga dapat membantunya menyusun pola tidur secara bertahap, agar ia mempelajari bahwa malam adalah waktu untuk tidur, bukan bermain.Pelajari lebih jauh tentang cara membantu bayi agar tidur lebih nyenyak.

Article Categories:
info

Comments are closed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com