Alasan Kenapa Beras Merah Lebih Sehat Dari Beras Putih

Written by

Apakah beras merah lebih baik daripada putih? – Kebanyakan orang lebih memilih beras putih umumnya karena melihat penampilannya yang bersih, serta rasanya yang jauh lebih lezat daripada beras merah. Beras merah memiliki tekstur yang kasar dan lebih lama proses memasaknya, sehingga tidak banyak orang yang meliriknya untuk konsumsi sehari-hari.Namun, penampilan beras yang menarik serta rasa dan tekstur yang lebih baik bukan berarti jaminan untuk menjadi yang lebih sehat. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, beras merah adalah pilihan yang baik dari segi manfaat gizi dan kesehatan.Manfaat kesehatan Beras Merah dan beras putih:

1. Mengandung Miberal Penting

Beras  merah merupakan sumber yang baik zat besi, zinc dan mangan. Mangan berperan dalam produksi energi dan juga merupakan anti-oksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.  Zinc adalah mineral yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga mekanisme fungsi daya tahan tubuh. Dan zat besi adalah mineral penting yang sangat diperlukan untuk pembuaran sel darah merah, kendaraan oksigen agar dapat menjangkau seluruh sel dalam tubuh.

2. Mengandung Vitamin B6

Satu  porsi nasi beras merah dapat memenuhi sekitar 23 persen kebutuhan tubuh kita akan vitamin B6. Vitamin ini diperlukan untuk membantu menyeimbangkan pengembangan serotonin, sel-sel darah merah yang membantu penciptaan sel DNA.

3. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Sebuah penelitian pada manusia tahun 1970 melaporkan bahwa beras merah memiliki efek mengurangi kadar kolesterol total. Komponen aktif dalam beras merah ini mirip seperti lovastatin, kimia yang terdapat dalam obat medis penurun kolesterol.

4. Menurunkan Gula Darah Untuk Penderita Diabetes

Kadar  glukosa darah yang tidak terkontrol pada penderita diabetes dapat merusak mata, ginjal dan juga jantung. Mengontrol kadar gula darah mengurangi risiko buruk ini. Dalam penelitian yang dilakukan pada hewan, beras merah yang diberikan kepada tikus yang diinduksi diabetes dan juga tikus dengan kadar glukosa darah normal.  Hasilnya diklaim mengurangi glukosa darah pada tikus diabetes yang tidak memiliki insulin yang memadai.

5. Menurunkan Risiko Kegemukan

Beras merah mengandung karbohidrat kompleks, sehingga bisa membuat perut kita kenyang lebih lama. Dengan demikian bisa membantu Anda mengurangi keinginan untuk ngemil (ngemil adalah faktor risiko utama penyebab kegemukan). Selain itu, beras merah juga memberikan energi dan membantu meningkatkan pencernaan.

Article Categories:
info

Comments are closed.

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com