Harus Anda Ketahui Bahwa Makanan Dan Minuman Ini Bisa Mengatasi Penyakit Jantung Dan Stroke

Written by

makanan dan minuman untuk mencegah dan mengatasi penyakit jantung dan stroke yang akan sangat bermanfaat bagi kita semua dalam upaya memerangi penyakit tersebut. Kita ketahui bersama Penyakit jantung dan stroke adalah salah satu penyakit berat yang dapat mengancam nyawa penderitanya, karena menyerang organ vital tubuh kita.Semoga dengan adanya rekomendasi makanan dan minuman berikut ini kita dapat mengetahui fungsinya dalam peranannya untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.Ada baiknya anda mencegah penyakit dari pada harus mengobati, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman berikut :

1.Konsumsi Serat Larut

Konsumsi asupan serat larut dapat berperan dalam menurunkan penyakit jantung dengan cara mengikat kolesterol jahat (LDL). Jenis makanan tersebut dapat anda peroleh dari beras merah, roti gandum, buah-buahan yang dikonsumsi dengan kulitnya (pir, apel dan jambu biji), polong-polongan (kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai dan kacang merah berkulit ari).

2.Konsumsi Asam Folat

Asam folat merupak salah satu dari beberapa vitamin B yang berperan sangat penting bagi tubuh. asam folat memiliki fungsi sebagai kofaktor enzim dalam sintesis deoxyribonucleic acid (DNA) dan ribonucleic acid (RNA) yang berperan dalam replikasi sel. Selain itu juga Asam folat juga mampu menyusutkan kadar omosistein dalam darah, satu jenis asam amino yang berpontensi meningkatkan resiko penyakit  jantung.Kandungan makanan yang mengandung asam folat banyak terdapat pada sayuran hijau (daun singkong, daun papaya, kacang panjang, daun melinjo, kangkung, sawi dll), serta ada juga sebagian jenis polong-polongan yang mengandung asam folat.

3.Konsumsi Omega 3

Menurut para ahli kandungan omega 3 dapat memaksimalkan tumbuh kembang anak, menurunkan tekanan darah  serta dapat mengurangi penyumbatan pembuluh darah dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh, yang banyak terdapat pada ikan terutama pada ikan laut seperti salmon. Selain itu juga terdapat pada ikan air tawar (gabus, lele dan bandeng), namun tidak  sebanyak ikan laut. Kandungan omega 3 juga banyak terdapat pada tumbuhan seperti kacang-kacangan (kacang tanah, walnut, mete, kacang tanah dan kacang kenari).

4.Konsumsi Lemak Tidak Jenuh

Lemak tak jenuh memiliki peran dalam menekan resiko penyakit jantung, menyusutkan kadar kolesterol darah. Lemak jenuh dapat anda peroleh dari minyak zaitun, buah zaitun, biji-bijian (terutama pada wijen hitam dan putih) dan minyak kacang.Hindari juga konsumsi lemak jenuh manfaatnya minyak tidak jenuh tidak mudah merosot karena proses oksidasi dan panas pemanasan.  Lemak jenuh dapat menyumbat pembuluh darah, hal ini dapat disebabkan karena adanya penumpukan kolesterol.

5.Konsumsi Sayuran Dan Buah Segar

Kedua jenis makanan ini baik untuk dikonsumsi, karena terdapat banyak kandungan atau senyawa aktif  yang dapat membatu dalam mencegah oksidasi dari LDL. LDL merupakan salah faktor penyebab utama yang memicu atherosclerosis. Penuhilah tubuh akan konsumsi  antioksida, karena hal ini dapat membangun penurunan secara signifikan dari adanya plaques diarteries. Kandungan antioksida ini meliputi  berbagai vitamin seperti C, E, A (beta karoten) dan selenium. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang sering mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, memiliki resiko lebih kecil terkena penyakit jantung.

Article Categories:
info

Comments are closed.

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com