Kandungan Dan Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Written by

Kunyit umumnya banyak dikonsumsi sebagai rempah/bumbu baik ketika sudah dalam bentuk bubuk maupun masih segar. Rimpang kunyit ini telah lama dikenal berkhasiat obat, sehingga secara tradisional sejak dulu dimanfaatkan oleh banyak budaya dibanyak belahan dunia seperti India dan Cina untuk mengobati berbagai penyakit. Untuk membuat bubuk kunyit, rimpang kunir yang telah dibersihkan  direbus selama 30-45 menit, kemudian dikeringkan menggunakan oven, setelah itu ditumbuk menjadi bubuk. Bubuk kunyit yang berwarna kuning oranye ini merupakan bumbu masakan yang umum digunakan dalam berbagai masakan, juga dapat digunakan sebagai zat pewarna alami.Manfaat Kesehatan yang mungkin dapat diperoleh dari mengkonsumsi kunyit:

1.Kesehatan Pencernaan

Kurkumin bermanfaat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dengan cara merangsang kandung empedu untuk menghasilkan empedu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kunyit mengurangi kondisi perut kembung dan gas pada orang yang menderita gangguan pencernaan . Komisi yang menentukan herbal aman di Jerman menyetujui penggunaan kunyit untuk mengobati masalah pencernaan.

2.Meningkatkan Kesehatan Jantung Dan Trombosit Dalam Darah.

Kunyit  dapat mengurangi risiko pembentukan gumpalan darah dengan cara mencegah platelet dari menggumpal secara bersamaan.
Kunyit telah terbukti mencegah penggumpalan platelet darah, sehingga dapat menurunkan resiko pembentukan gumpalan  darah.Studi  awal menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu mencegah penumpukan plak di pembuluh darah arteri. Dalam penelitian yang dilakukan pada hewan, ekstrak kunyit terlihat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan mencegah penumpukan berikutnya. Semua efek hasil temuan ini akan menurunkan risiko penyakit jantung, Namun studi ini masih perlu diuji pada manusia sebelum kunyit dipergunakan untuk pengobatan.

3.Untuk Kanker

Ada bukti awal bahwa kunyit dapat membantu pencegahan kanker. Hal ini diketahui karena adanya kandungan antioksidan dan zat anti-inflamasi pada kunyit. Studi epidemiologis telah mengidentifikasikan bahwa inflamasi adalah faktor risiko utama dari kanker. Namun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk benar-benar dapat memastikan manfaat ini.Penggunaan  Kurcumin sebagai obat luar juga telah ditemukan dapat meringankan atau mengurangi beberapa gejala kanker sekunder seperti mengurangi rasa gatal, ukuran luka, dan mengurangi nyeri.

4.Untuk Kesehatan Otak

Antioksidan, efek anti-inflamasi, dan efek melancarkan peredaran darah pada kunyit, semuanya  dapat membantu dalam pencegahan dan pengobatan berbagai penyakit neurodegeneratif termasuk penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson dan multiple sclerosis .

Article Categories:
info

Comments are closed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com