Tips Mendapatkan Pelanggan Yang Loyal

Written by

Seberapa besar kita berusaha untuk menjual produk, ketika tidak ada pelanggan yang tahu dan menyukai, tentu saja produk kita akan sia – sia belaka. Itulah mengapa menjaga hubungan baik dengan pelanggan adalah sebuah keharusan bagi pebisnis seperti kita. Meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap bisnis atau perusahaan kita haruslah menjadi prioritas. Tidak bisa kita hanya mengandalkan kebutuhan pelanggan, bukan keinginan mereka untuk terus mencari kita.Nah, untuk belajar membina hubungan baik dan menciptakan banyak pelanggan yang loyal, berikut ini cara yang bisa kita lakukan:

1. Berbagilah Nilai Dalam Bisnis Anda Kepada Pelanggan

Untuk membangun sebuah hubungan yang kuat dengan pelanggan, kita harus berbagi nilai dengan mereka. Menurut sebuah study oleh Corporate Executive Board, dari 7000 konsumen di Amerika Serikat yang mengatakan, bahwa mereka memiliki hubungan dengan merek sebuah perusahaan. Jika kita ingin mendapatkan pelanggan yang setia, coba ceritakan apa filosofi dari logo atau nama perusahaan Anda. Buat mereka tahu siapa dan apa yang mereka kenal.

2. Memberikan Layanan Terbaik Untuk Pelanggan

Ini jelas sekali, karena pelayanan terbaik akan menciptakan pelanggan yang loyal seumur hidup bisnis kita. Kita memang tidak bisa menghindari  yang negatif dan membedakan selalu bisnis kita dengan pesaing. Tapi seperti halnya perusahaan sekelas Zappos yang telah menciptakan kesetiaan pelanggan mereka. Sebagai pemula, mendengarkan dan mengatasi masalah pelanggan dengan cepat dan tepat adalah kuncinya. Memudahkan pelanggan untuk berhubungan dengan bisnis kita juga bisa kita lakukan. Mulai dari menampilkan kontak person perusahaan kita, menyapa mereka melalui banyak media dan lain sebagainya. Bahkan kita harus menciptakan kata wow ketika melayani pelanggan.

3. Menjadi Pebisnis Yang Transparan

Tidak setiap hari kita akan mendapatkan pujian dan nilai baik dari pelanggan. Tapi bukannya menyangkal adanya masalah, kita harusnya selalu bersikap jujur kepada pelanggan apabila terjadi sebuah masalah. Kita bisa menyediakan update tentang masalah dan upaya penangannya kepada pelanggan. Kita bisa memberikannya melalui email, SMS ataupun sosial media. Jangan biarkan pelanggan menerka – nerka masalah apa yang mereka hadapi, tapi jika memang itu berasal dari kita, maka kita harus segera menyelesaikannya.

4. Komunitas Mendekatkan Pelanggan Dengan Kita

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendekatkan diri dengan pelanggan. Salah satunya dengan ikut dan bersama – sama membangun sebuah komunitas bisnis kita sendiri. Kita tahu komunitas adalah wadah yang membuat banyak orang bisa saling mengenal, dekat dan bahkan saling membantu. Komunitas juga tidak selalu berbentuk offline, karena saat ini media sosial pun banyak yang menyediakan forum untuk berdiskusi dengan sesama anggota komunitas.Komunitas adalah cara yang efektif untuk memulai percakapan dengan pelanggan dan mendorong mereka untuk bertindak sesuai dengan keinginan kita. Misalnya saja, kita bisa meminta anggota komunitas untuk berbagi foto mereka ketika menggunakan produk kita, dan menyebarkannya di Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest dan lain sebagainya.

5. Dapatkan Kontak Mereka

Salah satu cara yang paling mudah untuk terus terhubung dengan pelanggan adalah melalui kontak person mereka, baik nomor telepon ataupun email. Cara yang kita bisa lakukan untuk mendapatkan itu sangat beraneka ragam. Mulai dari menyediakan kolom newsletter di website, sampai meminta pelanggan mengisikan data diri mereka ketika datang dan membeli barang di toko kita. Kita bisa menyampaikan kepada pelanggan ketika kita melakukan update produk atau harga. Baru setelah itu mulai dengan menutup penjualan dan meminta testimonial mereka. Dan informasi ini bisa kita gunakan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mempertahankan pelanggan yang loyal.

Article Categories:
info

Comments are closed.

WP Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com